02 February 2016

Barangsiapa yg DIAM maka dia akan selamat

�� Dari Abdullah bin 'Amr رضي الله تعالى عنه : Rasulullah ِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda :

°°° Barangsiapa yg DIAM maka dia akan selamat °°°

�� Dishahihkan oleh Syeikh Albani رحمه الله تعالى dalam shahih Tirmidzi.

✍�� Makna hadits :
Bahwasanya SIKAP DIAM  merupakan sebab KESELAMATAN, maka barangsiapa yang DIAM, dia akan selamat dari KEJELEKAN² LISAN, dan kejelekan² lisan tidak terbatas jumlahnya.

��� Maka jalan keselamatan dan kebahagiaan seorang hamba adalah dia MENASEHATI DIRINYA UTK SENANTIASA MEMPERHATIKAN SETIAP PERKATAANNYA SEBELUM DIA MENGUCAPKANNYA,

����Apabila terdapat kebaikan didalamnya maka dia mengatakannya,

✋ Dan jika sebaliknya, maka dirinya DIAM dari MENGUCAPKANNYA merupakan JALAN KESELAMATAN DARI DOSA DAN SELAMAT DARI AKIBAT² JELEK PERBUATAN LISAN,

✌��Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda : barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka dia berkata KEBAIKAN atau DIAM.
رواه البخاري (6019) ، ومسلم (48).

���� Berkata Ibnu Abdil Bar رحمه الله تعالى :
�� ((bentuk²)) berkata KEBAIKAN adalah diantaranya : dzikrullah, membaca Alqur'an, dan melakukan amalan² ketaatan merupakan lebih afdhal dari DIAM,
���� dan demikian pula MENGATAKAN KEBENARAN SELURUHNYA ((LEBIH AFDHAL DARIPADA DIAM DARINYA)), dan begitu pula  memperbaiki keadaan manusia  dan semisalnya,

���� Dan hanyalah DIAM YANG TERPUJI ADALAH DIAM DARI KEBATILAN ((maksudnya diam dengan berhenti dari kebatilan dan mendekatinya-pent-))..
Selesai perkataan beliau رحمه الله تعالى dalam kitab  TAMHID 20/22.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

( مَنْ صَمَتَ نَجَا ) 

صححه الألباني في "صحيح الترمذي"

��.ومعنى الحديث :

أن الصمت سبب للنجاة ، فمن صمت نجا من آفات اللسان ، وآفات اللسان غير محصورة ، فكان سبيل النجاة والفلاح للعبد الناصح لنفسه أن يتأمل كلامه قبل أن يقوله ، فإن كان فيه خير ، تكلم به ؛ وإلا ففي الصمت منجاة من الإثم ، ومن مغبات جرائر اللسان ؛ وقد قال الرسول صلى الله عليه وسلم : ( مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ )

رواه البخاري (6019) ، ومسلم (48).

قال ابن عبد البر رحمه الله :

" الْكَلَام بِالْخَيْرِ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ وَأَعْمَالِ الْبِرِّ أَفْضَلُ مِنَ الصَّمْتِ ، وَكَذَلِكَ الْقَوْلُ بِالْحَقِّ كُلُّهُ وَالْإِصْلَاحُ بَيْنَ النَّاسِ وَمَا كَانَ مِثْلَهُ ، وَإِنَّمَا الصَّمْتُ الْمَحْمُودُ الصَّمْتُ عَنِ الْبَاطِلِ .

" انتهى من التمهيد (22/ 20) .

~~~~~~~~~~~~~~~~~~

��عــلامــات الــشــقـاوة��
✳ Tanda² Kesengsaraan✳

✏➖قال ابن القيم رحمه الله:
✍�� Berkata Ibnu Qoyyim رحمه الله تعالى :

��أنه كلما زيد في عمله
زيد في كبره وتيهه.
�� Bahwasanya setiap kali bertambah amalannya, maka bertambah pula KEANGKUHAN DAN KESOMBONGANNYA.

��و زيد في فخره واحتقاره للناس وحسن ظنه بنفسه.
��� dan bertambah PEMBANGGAAN DIRINYA DAN PEREMEHAN TERHADAP MANUSIA, dan dia berbaik sangka pada dirinya sendiri.

��وكلما زيد في عمره
زيد في حرصه.
�� Dan setiap kali bertambah umurnya maka bertambah pula semangat dia ((utk mengejar dunia))

�� وكلما زيد في ماله
زيد في بخله وإمساكه.
�� Dan setiap kali bertambah hartanya maka bertambah pula kebakhilan dan menahan diri ((utk banyak bersedekah))

☀وكلما زيد في قدره وجاهه
زيد في كبره وتيهه.
�� Dan setiap kali bertambah kedudukan dan jabatannya maka bertambah pula kesombongan dan keangkuhannya

����وهذه الأمور ابتلاء وامتحان يبتلى بها الناس
☄☄ Dan perkara ini semua merupakan bala dan musibah yang menimpa manusia

��فيسعد بها أقوام
(اللهم اجعلنا منهم)
Sehingga sebagian kaum menjadi sukses dari musibah ((dengan selamat dari bala tsb))
(Ya Allah jadikanlah kami bagian dari mereka.)

��ويشقى بها أقوام
(اللهم لا تجعلنا منهم)
Dan sebagian kaum yg lainnya menjadi binasa dengan bala tsb
(Ya Allah janganlah Engkau jadikan kami dari bagian mereka)

�� faedah² ini ana terima dari Ustadz Abu 'Aisyah Asnur kendari hafidzohulloh

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...