12 February 2016

FAEDAH ILMU Dari Asy-Syaikh Abu Muhammad Abdul-Hamid Al-Hajuriy (Hafidzahullah) ; WAKTU TERAKHIR DI HARI JUM'AT

✳ FAEDAH ILMU
Dari Asy-Syaikh Abu Muhammad Abdul-Hamid Al-Hajuriy (Hafidzahullah)

������
WAKTU TERAKHIR DI HARI JUM'AT
������

Dari Abu Hurairah RadhiaAllahu Anhu, Bahwasanya ia berkata : Saya keluar menuju Ath-Thur, dan saya temui Ka’ab Al-Ahbaar, saya pun duduk bersama nya, dia meceritakan kepada saya dari Taurat dan saya sampaikan kepadanya dari Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam.

Dan diantara yang saya ceritakan kepadanya, saya sampaikan : Bersabda Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam:

Sebaik-baik hari terbit nya Matahari adalah hari Jum’at.

Saat itu di ciptakan Adam, di turunkan, di berikan taubat untuknya, dan dia meninggal, dan pada hari itu kiamat.

Dan tidaklah seekor binatang melainkan akan berteriak pada hari Jum’at sejak pagi sampai terbit matahari, merasa takut akan kiamat, kecuali jin dan manusia.

Dan pada nya ada waktu yang tidaklah mendapatkan nya seorang muslim dan dia shalat meminta Allah sesuatu melainkan akan di beri kepada nya.

Berkata Ka’ab Al-Ahbaar : Itu setiap tahun sekali.

Saya bilang : Bahkan setiap Jum’at

Maka Ka’ab Al-Ahbaar membaca Taurat, dan dia berkata : Benar Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam.

Berkata Abu Hurairah : Saya pun bertemu Bushrah bin Abi Bushrah Al Ghifary, dia berkata : darimana kau datang?

Saya katakan : Saya datang dari Thuur.

Dia pun berkata : Kalau lah aku menemui ku sebelum kau pergi kesana, kau takkan pergi.

Aku mendengar Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

"Tidaklah hewan tunggangan dipersiapkan untuk perjalanan jauh kecuali menuju tiga masjid : Masjid Haraam,
Masjid ku ini (Masjid Nabawy),  dan Masjid Iliya’ atau Baitul-Maqdis, Ragu dia.

Berkata Abu Hurairah : kemudian saya ketemu Abdullah bin Salam, saya ceritakan kepada nya tentang pertemuan saya dengan Ka’b dan yang saya ceritakan kepada Ka’ab tentang hari Jum’at.

Saya katakan : Ka’ab bilang : Itu sekali dalam setahun.

Ia berkata : Berkata Abdullah bin Salam : Telah berdusta Ka’ab.

Saya katakan : Kemudian Ka’ab membaca Taurat dan bilang : Bahkan setiap Jum’at.

Berkata Abdullah bin Salam : benar Ka’ab.

Kemudian Abdullah bin Salam berkata : Saya sudah tahu waktu apa itu.

Berkata Abu Hurairah : Beritahu saya dan jangan kau dan jangan pelit kepadaku.

Abdullah bin Salam berkata : Waktu tersebut adalah waktu terakhir di hari Jum’at.

Abu Hurairah pun berkata:

Bagaimana waktu tersebut bisa setelah ashar padahal setelah ashar dilarang sholat dan pada hadits tentang waktu mustajab di hari Jum’at menyebutkan seorang muslim sholat.

Abdullah bin Salam menjawab : Bukankah Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam bersabda :

Barang siapa duduk menunggu sholat maka dia dalam sholat sampai dia melaksanakan sholat?

Abu Hurairah berkata: Iya.

Dia berkata : Nah itulah dia.

Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, dan Hadits dalam Ash Shahih Al Musnad milik Al Allaamah Al Wadi’i semoga Allah merahmati-Nya.

*******

Ditulis oleh: Asy-Syaikh Abu Muhammad Abdul-Hamid Al-Hajuriy (Hafidzahullah)

Makkah, 3 Muharram 1437 H

Diterjemahkan oleh: Abu Adam Abdusy-Syakur As-Singarajiy Al-Baliy (Hafidzahullah) di "thoifah almanshuroh"

NASKAH ASLI
��������

عن أبي هريرةَ أنه قال : خرجتُ إلى الطُّورِ فلقيتُ كعبَ الأحبارِ فجلستُ معهُ فحدثني عن التوراةِ وحدثتهُ عن رسولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فكان فيما حدثتهُ أن قلتُ :
قال رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم :
خيرُ يومٍ طلعتْ عليهِ الشمسُ يومُ الجمعةِ ،
فيه خُلِقَ آدمُ
وفيه أُهْبِطَ
وفيه تِيبَ عليهِ
وفيهِ ماتَ
وفيه تقومُ الساعةُ ،
وما من دابةٍ إلا وهِيَ مُصيخَةٌ يومُ الجمعةِ من حينِ يصبحُ حتى تطلعَ الشمسُ شفقًا من الساعةِ إلا الجنَّ والإنسَ ،
وفيهِ ساعةٌ لا يصادفُها عبدٌ مسلمٌ وهو يصلي يسألُ اللهَ شيئا إلا أعطاهُ إياهُ ،
قال كعبٌ : ذلكَ في كلِّ سنةٍ مرةً ،
فقلتُ : بل في كلِّ جمعةٍ ،
فقرأ كعبٌ التوراةَ فقال : صدقَ رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ،
قال أبو هريرةَ : فلقيتُ بُصْرَةَ بن أبي بُصْرةَ الغفاريّ فقال : من أينَ أقبلتَ ؟
فقلتُ من الطُّورِ ،
فقال : لو أدركتكَ قبل أن تخرجَ إليهِ ما خرجتَ ،
سمعتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يقول : لا تعملُ المطيّ إلا إلى ثلاثةِ مساجدَ ، إلى المسجدِ الحرامِ
أو إلى مسجدِيِ هذا
أو إلى مسجدِ إيليا
أو بيتِ المقدسِ يشُكّ ،
قال أبو هريرةَ : ثم لقيتُ عبد اللهِ بن سلامٍ فحدثتهُ بمجلِسِي مع كعبٍ وما حدثتهُ في يومِ الجمعةِ
فقلتُ : قال كعبٌ : ذلكَ في كلِّ سنةٍ مرةً ،
قال : قال عبد اللهِ بن سلامٍ : كذبَ كعبٌ ،
فقلتُ : ثم قرأ كعبٌ التوراةَ فقال : بلْ هي في كلِّ جمعةٍ ،
قال عبد اللهِ بن سلامٍ : صدقَ كعبٌ ،
ثم قالَ عبد اللهِ بن سلامٍ : قدْ علمتُ أيّةَ ساعةٍ هيَ ، فقال أبو هريرةَ : أخبرنِي بها ولا تُضِنّ عليّ ،
فقال عبد اللهِ بن سلامٍ : هي آخرُ ساعةٍ في يومِ الجمعةِ ،
قال أبو هريرةَ : فقلتُ : كيف تكونُ آخرُ ساعةٍ في يومِ الجمعةِ وقد قالَ رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لا يصادفُها عبدٌ مسلمٌ وهو يُصلّي ؟ وتلكَ الساعةُ لا يُصَلّى فيها ،
فقال عبد اللهِ بن سلامٍ : ألم يقُلْ رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : من جلسَ مجلسا ينتظرُ الصلاةَ فهو في صلاةٍ حتى يصلي ،
قال أبو هريرةَ : فقلت بلَى ،
قال : فهوَ ذلكَ

أخرجه ابن حبان
والحديث في الصحيح المسند للعلامة الوادعي رحمه الله تعالى

������������������

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...