14 February 2016

Ustadz Fuad: FATWA ‘ULAMA SEPUTAR HARI VALENTINE

[6:47 14/02/2016] Ustadz Fuad: FATWA ‘ULAMA SEPUTAR HARI VALENTINE
(BAGIAN 1)

FATWA ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN SHÔLIH AL-‘UTSAIMÎN:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ وَبَعْدُ.
فَقَدْ انْتَشَرَ فِي الاَوِنَةِ الأَخِيْرَةِ الإِحْتِفَالُ بِـ "عِيْدِ الحُبِّ" خَاصَّةً بَيْنَ الطَّالِبَاتِ وَهُوَ عِيْدٌ مِنْ أَعْيَادِ النَّصَارَى، وَيَكُونُ الزِّيُّ كَامِلاً بِاللَّوْنِ الأَحْمَر المَلْبَس وَالحِذَاء وَيَتَبَادَلْنَ الزُّهُور الحَمْرَاء، نَأْمَلْ مِنْ فَضِيْلَتِكُمْ بَيَانُ حُكْمِ الإِحْتِفَالِ بِمِثْلِ هَذَا العِيْدُ، وَمَا تَوْجِيْهُكُمْ لِلْمُسْلِمِيْنَ فِي مِثْلِ هَذِهِ الأُمُورِ وَاللهُ يَحْفَظُكُمْ وَيَرْعَاكُمْ؟

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمَ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

الإِحْتِفَالُ بِعِيْدِ الحُبِّ لاَ يَجُوزُ لِوُجُوهٍ:

الأَوَّلُ: أَنَّهُ عِيْدٌ بِدْعِيّ لاَ أَسَاسَ لَهُ فِي الشَّرِيْعَةِ.
الثَّانِي: أَنَّهُ يَدْعُو إِلَى العُشْقِ وَالغَرَامِ.
الثَّالِثُ: أَنَّهُ يَدْعُو إِلَى اشْتِغَالِ القَلْبِ بِمِثْلِ هَذِهِ الأُمُورِ التَّافِهَة المُخَالِفَة لِهَدْيِ السَّلَفِ الصَّالِحِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ.
فَلاَ يَحِلُّ أَنْ يُحْدِثَ فِي هَذَا اليَوْم شَيْءٌ مِنْ شَعَائِرِ العِيْدِ سَوَاءٌ كَانَ فِي المآكِلِ، أَوِ المَشَارِبِ، أَوِ المَلاَبِسِ، أَوِ التَّهَادِي، أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ.
وَعَلَى المُسْلِمِ أَنْ يَكُونَ عَزِيْزًا بِدِينِهِ وَأَنْ لاَّ يَكُونَ إِمِّعَة يَتَّبِعُ كُلّ نَاعِقٍ. أَسْأَلُ الله تَعَالَى أَنْ يُعِيْذَ المُسْلِمينَ مِنْ كُلِّ الفِتَن مَا ظَهَرَ مِنهَا وَمَا بَطَن، وَأَنْ يَتَوَلاَّنَا بِتَوَلِّيْهِ وَتَوْفِيْقِهِ.
كَتَبَهُ مُحَمَّدٌ الصَّالِحِ العُثَيْمِيْنَ في 5/11/1420 ه .

SOAL:
“Telah menyebar luas pada akhir-akhir ini hari perayaan yang dinamakan Hari Kasih Sayang (Valentine Day) terutama dikalangan para pemudi. Dan ini adalah hari raya dari hari rayanya orang-orang Nashoro. Serta berseragamnya pada hari itu dalam bentuk pakaian maupun sandal warna merah, dan saling tukar menukar bunga warna merah. Kami mengharap dari Syaikh yang mulia untuk menjelaskan hukum dari perayaan ‘Ied tersebut serta apa arahan anda bagi kaum muslimin, semoga Alloh menjaga kalian.

JAWAB:
“Tidak boleh memperingati hari perayaan Hari Kasih Sayang (Valentine Day) karena beberapa sebab:

Pertama: Itu adalah ‘Ied bid’ah yang tidak ada asasnya dalam syari’at ini.

Kedua: Hal tersebut menyebabkan kecintaan yang berlebih dan membakar asmara.

Ketiga: hal tersebut menyebabkan sibuknya hati; seperti perkara yang tidak ada gunanya serta menyelisihi petunjuknya Salafus Sholeh -rodhiyaAllohu ‘anhum-.

Maka dengan ini; tidak boleh seseorang ikut andil pada hari itu dari syi’ar-syi’ar hari perayaan tersebut; mencakup padanya makanan, minuman, pakaian, saling memberi hadiah atau selainnya dari hal-hal tersebut.   

Wajib setiap muslim untuk dia merasa bangga dengan agamanya dan jangan menjadi orang bermuka dua yang mengikuti ajakan setiap orang.

Aku meminta kepada Alloh agar melindungi kaum muslimin dari setiap fitnah yang Nampak maupun tidak Nampak, dan melindungi kami dengan perlindungannya dan taufiqNya.

Di tulis : Muhammad Sholih Al-‘Utsaimin pada 5 - 11 - 1420 Hijriyyah.
[6:54 14/02/2016] Ustadz Fuad: FATWA ‘ULAMA SEPUTAR HARI VALENTINE
(BAGIAN 2)

FATWA ASY-SYAIKH SHÔLIH AL-FAUZÂN:

السُّؤَالُ: أَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكُم صَاحِب الفَضِيْلَةِ، هَذِهِ عِدَّةُ أَسْئِلَةٍ حَولَ مَا يُسَمَّى بِعِيْدِ الحُبِّ يَأمَلُونَ مِنْكُمْ البَيَانَ لِخَطْرِ هَذَا الاحْتِفَالِ، وَإِخْرَاجِ فَتْوَى مِنَ اللَّجْنَةِ الدَّائِمَةِ فِي هَذَا المَوضُوعِ؟

SOAL:
“Semoga Alloh memberikan kepada kalian kebaikan, (wahai) shohibul fadhilah. Ini adalah beberapa pertanyaan seputar apa yang dinamakan dengan Hari Valentine, mereka menginginkan dari kalian sebuah penjelasan tentang bahaya dari peringatan hal ini, serta pengeluaran fatwa dari Lajnah Daiman pada perkara ini?

الجَوَابُ: وِشْهُ عِيْدُ الحُبِّ؟ عِيْدُ النَّصَارَى مَا يَجُوزُ لِلمُسْلِمِينَ يُشَارِكُوهُمْ، وَلاَ يُشَجِّعُوهُمْ عَلَيهِ، وَلاَ يَشْهَدُونَ الزُّورَ، هَذِهِ أَعْيَادُ الكُفَّارِ لاَ يُشَجِّعُونَهُمْ، حُبّ لِمَنْ هَذَا الحُبّ ؟ حُبًّا لِإبْلِيْسِ؟ أَوْ حُبّ لِلمَسِيْح -عَلَيهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ-؟ أَو حُبّ لِمَا بَيْنَهُمْ؟ مَا بَيْنَهُمْ حُبّ وَهُمْ كُفَّارٌ: (تَحْسَبُهُمْ جَمِيعًا وَقُلُوبُهُمْ شَتَّى)، قَالُوا: الحُبُّ مَعَ المَرْأَةِ؟ هَذا فَاحِشَةٌ.

JAWAB:
“Apa itu hari Valentine?! Ied Nashoro, yang tidaklah boleh bagi kaum muslimin untuk ikut andil padanya dengan mereka, dan tidak pula menyemangati mereka untuk itu, tidak pula hadir dalam majlis zuur tersebut, ini adalah ‘ied-Ied orang-orang kafir, janganlah mereka menyemangati pada hal tersebut. Cinta, untuk siapa cinta itu?! Cinta untuk Iblis? Atau cinta untuk Al-Masîh –alaihis sholatu wa sallam-? Atau cinta untuk diantara mereka? Tidak ada rasa kecintaan diantara mereka, mereka adalah orang-orang kafir:

(تَحْسَبُهُمْ جَمِيعًا وَقُلُوبُهُمْ شَتَّى)

“Kamu kira mereka itu bersatu padahal hati mereka terpecah belah.” [QS. Al-Hasyr:14]

Mereka mengatakan: kecintaan dengan para wanita? Maka ini adalah kekejian!.”
[6:56 14/02/2016] Ustadz Fuad: FATWA ‘ULAMA SEPUTAR HARI VALENTINE
(BAGIAN 3)

FATWA ASY-SYAIKH ‘ABDUL ‘AZÎZ BIN ABDILLAH AR-RÔJIHI :

السُّؤَالُ: بَعْدَ شَهْرٍ مِنَ الآن تَقْرِيْبًا يَأتِي بِدعَةٌ مَا يُسَمَّى بِعِيدِ الحُبِّ وَهُوَ عِيْدُ لِلنَّصَارَى، وَهَذَا حَصَلَ يَحْتَفِلُ فِيْهِ البَعْضُ، وَلَهُ رُمُوزٌ قَلْبٌ أَحْمَرُ وَوِرْدَةٌ حَمْرَاءُ، وَصُورَةٌ دُبّ أَبْيِض. فَمَا حُكْمُ هَذَا؟

SOAL:
“Kira-kira pada satu bulan ke depan dari sekarang akan ada suatu amalan bid’ah yang dinamakan dengan hari Valentine, yang itu adalah hari ‘Iednya Nashoro. Dan ini telah terjadi dan dirayakan oleh sebagian orang. Dan hari tersebut memiliki lambang-lambang (seperti) hati merah, dan mawar merah dan gambar beruang putih, maka apakah hukum hal tersebut?”

الإجابة: مُوَافَقَةٌ لِلنَّصَارَى فِي أَعْيَادِهِمْ خَطِيْرٌ جِدًّا، إِذَا احْتَفَلَ بِأَعْيَادِهِمْ أَو هَنَّأَهُمْ أَوْ أَهْدَى لَهُمْ فِي عِيْدِهِمْ، هَذَا يُخْشَى عَلَيهِ، شَيْخُ الإِسْلاَمِ شَدَّدَ فِي هَذَا، وَقَالَ: إِنَّ هَذَا مِنْ جِنْسِ التَّهْنِئَةِ بِالسُّجُودِ إِلَى الصَّلِيْبِ أَوْ شُرْبِ الخَمْرِ، فَإِذَا هَنَّأَهُ بِعِيْدِهِ، لِأَنَّهُ عِيْدٌ مُبْتَدَعٌ، كَمَا لَوْ هَنَّأَهُ بِشُرْبِ الخَمْرِ، وَهَنَّأَهُ بِالسُّجُودِ للصَّنَم.ِ
وَالاِحْتِفالُ أَعْظَمُ وَأَعْظَمُ، فَالوَاجِبُ عَلَى المُسْلِمِ أَنْ يُحَذِّرَ مِنْ مُشَابَهَةِ اليَهُودِ وَالنَّصَارَى قَالَ عَلَيهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ: (مَنْ تَشَبَّهَ بِقَومٍ فَهُوَ مِنْهُمْ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدٍ: اللباس (4031)
قَالَ شَيخُ الإِسْلَامِ رَحِمهُ اللهُ: أَقَلُّ أَحْوَالِهِ التَّحْرِيْمُ، وَإِلاَّ فَظَاهِرُهُ الكُفْرُ، فَلَا يَجُوزُ لِلإِنْسَانِ أَنْ يُوَافِقَ النَّصَارَى فِي أَعْيَادِ اليَهُود وَالنَّصَارَى وَالوَثَنِيِّيْنَ فِي أَعْياَدِهِمْ، وَلاَ فِي احْتِفَالَاتِهِمْ، وَلاَ أَنْ يَهْدِي لَهُمْ وَلاَ نَقْبَلُ هَدِيَّتَهُمْ، وَلاَ أَنْ يُهَنِّئَهُمْ، كُلُّ هَذَا مِنَ البِدَعِ، وَمِنَ المُحَرِّمَاتِ الشَّدِيْدَةِ التَّحْرِيْم، وَيُخْشَى أَنْ يَكُونَ كُفْرًا وَرِدَّةً».

JAWAB:
“Menyamai orang-orang Nashoro pada hari ‘Ied mereka adalah perkara yang sangat berbahaya, apabila memeringati hari ‘Ied mereka atau memberikan ucapan selamat atau menghadiahkan kepada mereka pada hari ‘Ied mereka, maka ditakutkan (keadaan agamanya) dia.

Syaikhul Islam sangat menekankan dalam permasalahan ini, seraya mengatakan: “Jenis ucapan selamat ini seperti dengan sujud kepada Salib atau meminum Khomr, apabila memberikan selamat pada ‘Iednya, karena hal itu adalah ‘Ied yang diada-adakan, sebagaimana memberikan ucapan selamat padanya dengan meminum khomr dan dengan sujud untuk berhala.

Maka memeringati lebih besar dan lebih besar (perkaranya), maka wajib bagi seorang muslim untuk menjauhi dari meniru orang-orang Yahudi dan Nashoro, Nabi –semoga sholawat dan salam tercurahkan padanya- bersabda: (Barang siapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk dari mereka).” HR. Abu Dawud: Kitab Libas (4031).

Syaikhul Isam mengatakan: Keadaan paling ringannya adalah harom, adapun sebenarnya dzohirnya adalah kekufuran. Maka tidak boleh seorang Insan untuk menyerupai orang-orang Nashoro pada ‘Ied Yahudi, Nashoro dan para penyembah berhala pada ‘Ied-Ied mereka, tidak pula dalam memeringati hari ‘Ied mereka, tidak pula memberikan hadiah kepada mereka, tidak pula menerima hadiah dari mereka, tidak pula memberikan ucapan selamat, semuanya ini adalah bid’ah, dan ini termasuk dari perkara yang terlarang dengan pengharoman yang sangat ditekankan, serta ditakutkan akan terjadi padanya kekufuran dan kemurtadan.”
[6:58 14/02/2016] Ustadz Fuad: FATWA ‘ULAMA SEPUTAR HARI VALENTINE
(BAGIAN 4)

ASY-SYAIKH SHÔLIH BIN SA’AD AS-SUHAIMI:

السؤال: شَيخَنَا يَومَ غَدٍّ أَحَد يُوَافِق 14 فَبْرَايِر ويُعْتَبَرُ عِنْدَ الغَرْبِ عِيْد الحُبِّ ، يَقُولُ: قَدْ افْتَتَنَ شَبَابَنَا وَيَأْتِيْنَا بِهَذَا العِيْدِ، هَلْ مِنْ كَلِمَةٍ وَنَصِيْحَةٍ؟

SOAL:
“Syaikh kami, esok hari ahad yang bertepatan pada 14 Februari, yang menurut orang Barat adalah hari Valentine, penanya bertanya: telah terfitnah sebagian anak muda kita dengan ‘Ied ini, apakah ada sebuah kalimat dan nasehat?

الجواب: «هَذَا مَوضُوعٌ عِنْدِي يَوْمُ الجُمُعَةِ المَاضِيَةِ، لَو سَجَّلَهَا طَالِبُ عِلْمٍ فِي المَوْضُوعِ اَنَّها سُجِّلَتْ في أَمِيْرِ سُلْطَان فَنَقَشْتُهَا بِالتَّفْصِيْلِ، وَخُلَاصَةُ القَوْلِ، أَنَّ فِيْهَا سَبْعَةُ مَحَاذِيْرَ، مَا يُسَمَّى بِعِيْدِ الحُبِّ
المَحْذُورُ الأَوَّلُ: أَنَّهُ فِي الأَصْلِ عِنْدَ الرُّومَانِ، كَانَ يُسَمَّى عِيْدُ الِإلَهِ الحُبِّ، فَتَعَلَّقَ بِهِ تَعَلُّقُ الوَثَنِيَّةِ، لِأَنَّهُ تَقْلِيْدُ عُبَّادِ الأَوْثَانِ.
المَحْذُورُ الثَّانِي: أَنَّ فِيْهِ تَقْلِيْدًا لِليَهُودِ وَالنَّصَارَى، وَقَدْ أَخْبَرَ النَّبِيُّ بِذَلِكَ:
«لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ قَبْلَكُمْ …»، قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ: اليَهُودَ، وَالنَّصَارَى قَالَ: «مَنْ القوم إِلَّا أُولَئِكَ» وفي رواية: «الفارس والروم».
وَالمَحْذُورُ الثَّالِثُ:أَنَّ فِيْهِ تَشَبُّهًا بِالكُفَّارِ مُطْلَقًا، وَقَدْ قَاَل رَسُولُ اللهِ : «مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ»
وَالأَمْرُ الرَّابِعُ: أَنَّهُ بِدْعَةٌ، مِنَ البِدَعِ الَّتِي أَحْدَثَهَا النَّاسُ: «مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا فَهُوَ رَدٌّ».
وَالأَمْرُ الخَامِسُ: أَنَّهُ مُنْكَرٌ، وَأَنَّ مَا يَفْعَلُهُ بِهِ مُنْكَرٌ، مِن الْتِقَاءِ الفَتَيَاتِ وَالمُرَاسَلَةِ بَيْنَهُنَّ صُورَة القُلُوبِ وَمَا إِلَى ذَلِكَ مِنْ الغُرَامِ، كُلُّ تَقْلِيْدِ لِلغَرْبِ، وَنَحْنُ مَنْهِيُّونَ عَنْ تَشَبُّهٍ.
وَالأَمْرُ السَّادِسُ:أَنَّ العُقَلاَءَ مِنْهُمْ مَنَعُوا هَذا العِيْدَ حَتَّى إِنِّي سَمِعْتُ أَنَّ الفَاتِكَانِ النَّصْرَانِي يُشَدِّدُ فِي مَنْعِ هَذِهِ القَضِيَّةِ.
الأَمْرُ الأَخِيْرُ: أَنَّهُ مَبْنِيٌّ عَلَى خُرَافَةِ عَظِيمَةٍ فِي قَضِيَّةِ مَا يُسَمَّى بِالحُبِّ مِمَّا يُؤَدِّي إَلَى مَعَانِي الفَاسِدَةِ، وَالحُبُّ عِنْدَهُمْ مُجَرّدُ الزِّنَا ومُقَدِّمَاتُه، فَعَلَيْنَا أَنْ نَحْذَرْعَن التَّشَبُّهِ بِهُؤَلاَءِ الكُفّارِ وَأَظُنُّ هَذِِهِ الإِجَابَةِ كَافِيَة...»

JAWAB:
“Tema dalam pembahasan ini telah aku sampaikan pada jum’at yang lalu, seandainya ada pelajar yang mentranskripnya. Yang khutbah tersebut telah direkam di tasjilat Amir Sulthon. Aku telah diskusikan tema ini dengan terperinci. Maka inti dari pembahasan tersebut adalah terdapat pada hari Valentine ini 7 pelanggaran syari’at:

PELANGGARAN PERTAMA:  asal perkara ini adalah dari Roma, yang dulunya dinamakan hari Valentine Tuhan. Maka kaitan dengan perkara ini adalah kaitan dengan watsaniyah (penyembah berhala), karena hal itu (termasuk) adalah taqlid (ikut-ikutan) dengan para penyembah berhala.

PELANGGARAN KEDUA: Terdapat padanya taqlid pada orang Yahudi dan Nashoro, telah dikabarkan Nabi shollallôhu alaihi wa sallam: (Sungguh pasti akan mengikuti sunnah-sunnah orang sebelum kalian...) kami tanyakan: Apakah Yahudi dan Nashoro wahai Rosululloh? Nabi menjawab: (Kalau bukan mereka, siapa lagi?!) dalam sebuah riwayat: (Persia dan Romawi).

PELANGGARAN KETIGA: Pada perkara tersebut terdapat padanya tasyabbuh (menyerupai) orang-orang kafir secara mutlak, telah bersabda Rosulullôh: (Barang siapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari mereka).

PERKARA KEEMPAT: Perkara itu adalah bid’ah, dan termasuk bid’ah yang diada-adakan oleh orang-orang. (Barang siapa mengada-ngadakan suatu perkara dalam perkara agama kami, ma itu adalah tertolak).

PERKARA KELIMA: Perkara itu adalah mungkar, dan setiap yang dilakukan padanya adalah kemungkaran, salah satu contohnya adalah bertemu dengan para pemudi dan saling mengirim gambar hati dan selainnya dari perkara cinta. Semua itu adalah taqlid kepada orang-orang kafir, dan kita terlarang untuk tasyabbuh dengan merreka.

PERKARA KEENAM: Para pemikir dari mereka telah melarang dari memeringati hari Valentine ini, bahkan aku mendengar bahwa Vatikan sangat melarang keras untuk perkara ini.

PERKARA TERAKHIR: Hal ini dibangun atas (keyakinan) khurafat tentang hari Valentine ini, yang mengantarkan pada makna yang rusak, yaitu kecintaan menurut mereka adalah zina serta pembukaan dari zina, maka wajib bagi kita untuk berhati-hati dari tasyabbuh dengan mereka, dan aku mengira; jawaban ini sudah mencukupi...”
[lihat https://www.youtube.com/watch?v=SSnvMAMh0ao]

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...