02 February 2016

HUKUM MASUKNYA ANAK KECIL DALAM SHOFF

[17:11 31/01/2016] Ustadz Irham: هذا جواب لسؤال أبي جندي.
جئت به بالعربية عمدا لينشط إخواننا في تعلمه كما رغب فيه الاخ أبو برهن:
[17:12 31/01/2016] Ustadz Irham: وقد سئل الشيخ محمد بن عثيمين رحمه الله : 
ما حكم مصافة الطفل غير المميز في الصف وعمره أقل من خمس سنوات ؟
وإذا كان لا يجوز فهل يعتبر قاطعا للصف ؟ وإذا كان قاطعا للصف هل على الإمام أن يؤخره إلى مؤخرة المسجد ؟ أفيدونا حفظكم الله حيث إن ذلك يكثر عندنا في المساجد؟
فأجاب: 
"تضمن هذا السؤال مسألتين:
المسألة الأولى : مصافة هذا الصبي الذي لا يميز وجوابها أن مصافته لا تصح ؛ لأن صلاته لا تصح ومن لا تصح صلاته لا تصح مصافته ، وعلى هذا فلو كان رجلان تقدم أحدهما ليكون إماما وتأخر الثاني مع هذا الطفل الذي لم يميز فإنه يعتبر مصليا منفردا لا تصح صلاته ويجب عليه أن يصف مع الإمام .
أما المسألة الثانية : فهو قطع الصف ، فلا يعتبر وقوف هذا الطفل قاطعا للصف ؛ لأن مسافته قصيرة فلا يكون قاطعا للصف ، لكن ينبغي لأولياء الأمور ألا يأتوا بمثل هذا الطفل الصغير لأنه يشغل المصلين ، فإما أن يعبث حال وجوده في الصف فيشغل من حوله ، وإما ألا يعبث ولكن يشغل ولي أمره .
نعم ، إن دعت الضرورة إلى ذلك مثل ألا يكون في البيت أحد مع هذا الطفل الصغير أو ليس معه إلا أطفال لا يعتمد الإنسان على حفظهم له ويخشى وليه أن يعبث هذا الطفل بنار أو غيرها ، فهذه ضرورة لا بأس أن يحضره ولكن عليه أن يكف أذاه عن المصلين " انتهى من "فتاوى نور على الدرب".
[7:05 01/02/2016] Ustadz Irham: ����������
HUKUM MASUKNYA ANAK KECIL DALAM SHOFF
����������
Bismillah. Apakah anak kecil dibawah usia 7 tahun bila diletakkan pada shaf sholat berjamaah termasuk pemutus shaff?
〰〰〰〰〰〰〰
Jawab:

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى أله وصحبه أجمعين:

��Pertama kali yang hendaknya kita ketahui bahwa batasan usia yang membedakan sah dan tidaknya sholat seorang anak adalah tamyiz. Dan usia tamyiz tidak mesti 7 tahun ke atas. Umur ini disebutkan oleh para ulama berdasarkan keumuman yang ada. Terkadang ada anak-anak yang cerdas sudah mencapai usia tamyiz walaupun masih berumur 6 atau 5 tahun.
Asy-syaikh Utsaimin Rohimahulloh berkata:

التمييز يكون غالباً في سبع سنين، ولكن قد يميز الصبي وعمره خمس سنين، قال محمود بن الربيع رضي الله عنه: عقلت مَجَّة مجّها الرسول صلى الله عليه وسلم في وجهي وأنا ابن خمس سنين. فبعض الصغار يكون ذكياً يميز وهو صغير، وبعضهم يبلغ ثماني سنين وما يميز.

“Tamyiz kebanyakannya pada umur 7 tahun. Akan tetapi terkadang seorang anak sudah mumayyiz dalam keadaan umurnya 5 tahun. Mahmud bin Robi’ Rodhiyallohu ‘Anhu berkata: “Aku telah memahami ludahan yang Rosululloh –Shollallohu ‘alaihi wa sallam- ludahkan ke wajahku dalam keadaan aku (saat itu) berumur lima tahun.”
Sebagian anak memang cerdas sehingga mencapai mumayyiz dalam keadaan kecil. Dan sebagiannya sudah mencapai delapan tahun belum juga mumayyiz.” [Liqo bab Maftuh: 37/ 13]

��Jika demikian keadaannya, apabila anak yang berusia kurang dari 7 tahun tersebut telah mumayyiz, maka sholatnya sah dan bershof dengannya pun sah serta tidaklah keberadaannya memutuskan shoff.

Namun apabila belum mumayyyiz maka berikut ini penjelasan asy-syaikh Al-‘Utsaimin ketika ditanya tentang keabsahan bershoff dengan anak yang belum mumayyiz dan apakah keberadaannya dalam shoff memutuskan shoff tersebut??
Beliau berkata:

المسألة الأولى : مصافة هذا الصبي الذي لا يميز وجوابها أن مصافته لا تصح ؛ لأن صلاته لا تصح ومن لا تصح صلاته لا تصح مصافته ، وعلى هذا فلو كان رجلان تقدم أحدهما ليكون إماما وتأخر الثاني مع هذا الطفل الذي لم يميز فإنه يعتبر مصليا منفردا لا تصح صلاته ويجب عليه أن يصف مع الإمام .

Masalah pertama: tentang (keabsahan) bershoff-nya anak yang belum mumayyiz ini.
Jawabannya yaitu bahwa bershoff-nya anak ini tidaklah sah. Sebab sholatnya tidak sah. Siapa saja yang sholatnya tidak sah tidaklah sah bershoff (dengannya). Atas dasar ini, apabila dua orang laki-laki (hendak sholat) dan salah seorang dari keduanya maju menjadi imam dan orang yang kedua di belakangnya bersama anak (yang belum mumayyiz) ini maka dia dianggap sholat sendirian (di shoff) sehingga tidak sah sholatnya. Dan wajib atasnya untuk bershoff bersama imam (berdiri sejajar dengan imamnya-pen).

أما المسألة الثانية : فهو قطع الصف،
فلا يعتبر وقوف هذا الطفل قاطعا للصف ؛ لأن مسافته قصيرة فلا يكون قاطعا للصف ، لكن ينبغي لأولياء الأمور ألا يأتوا بمثل هذا الطفل الصغير لأنه يشغل المصلين ، فإما أن يعبث حال وجوده في الصف فيشغل من حوله ، وإما ألا يعبث ولكن يشغل ولي أمره .
نعم ، إن دعت الضرورة إلى ذلك مثل ألا يكون في البيت أحد مع هذا الطفل الصغير أو ليس معه إلا أطفال لا يعتمد الإنسان على حفظهم له ويخشى وليه أن يعبث هذا الطفل بنار أو غيرها ، فهذه ضرورة لا بأس أن يحضره ولكن عليه أن يكف أذاه عن المصلين.

Adapun permasalahan kedua, yaitu tentang terputusnya shoff (atau tidak), maka berdirinya anak (yang belum mumayyiz) ini tidak dianggap memutuskan shoff. Dikarenakan jaraknya pendek.
Akan tetapi hendaknya para wali tidak membawa anak kecil yang seperti ini (dalam sholat jamaah) karena akan menyibukkan orang-orang yang sholat. Kemungkinannya dia akan bermain-main ketika ada di shoff sehingga menyibukkan orang-orang di sekitarnya. Kemungkinan (lain), dia tidak bermain-main tapi akan menyibukkan walinya.
Ya, apabila keadaan darurat menuntut untuk membawanya (maka boleh). Seperti jika tidak ada seorangpun di rumah yang bersama anak kecil ini. Atau tidak ada bersamanya kecuali anak-anak yang seseorang tidak bisa mengandalkan penjagaan mereka terhadap anak kecil dan walinya khawatir anak kecil ini bermain dengan api atau yang lain, maka ini suatu kedaruratan. Tidak mengapa membawa anak tersebut. Akan tetapi wajib atasnya untuk mencegahnya dari mengganggu orang-orang yang sholat. [Fatawa nur ‘Alad Darb]

Hal ini juga yang dipilih oleh imam Ibnu Baz dalam fatwa beliau.
Wallohu A’lam.
��������������
��Ditulis oleh: Abu Zakaria Irham bin Ahmad Al-Jawiy Waffaqohulloh

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...