21 February 2016

Dan tidaklah sdikitpun apa yg mereka lakukan dlm makar² tsb memudhorotkan alhaq dan org² yg kokoh berjalan diatasnya.

[14:49 17/02/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: اللهم آمين...
Dan tidaklah sdikitpun apa yg mereka lakukan dlm makar² tsb memudhorotkan alhaq dan org² yg kokoh berjalan diatasnya.

Maka hendaknya senantiasa membentengi diri dari virus² beracun syubuhat dan talbis mreka dgn memaksa diri² kita utk lebih sering serta istiqomah duduk di majlis² ilmu ahlussunnah tsabitin.
بارك الله فينا جميعا
[14:50 17/02/2016] أبو زبير: Fatwa aslinya bagaimana akhy?
[15:29 17/02/2016] ‪+62 823-3368-8875‬: Ini fatwa aslinya.
Di link ini:
Www.binbaz.org.sa/node/4726
[15:52 17/02/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: Ya ikhwati fillah, ttg fatwa syaikh bin baz tsb sebenarnya sdh pernah ana posting disini.

Ini dia fatwa lengkapnya teks arob dan tarjimnya����
[15:52 17/02/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: ✳ FAEDAH SOAL - JAWAB
membantah olok²an terhadap dakwah tauhid dan sunnah, dakwah pemurnian agama islam dgn penamaan "WAHABI", sekaligus penjelasan shohih tentang  "SEKILAS SEJARAH DAKWAH DI NEGERI TAUHID SAUDI AROBIYAH".
semoga manfaat dan barokah

��~~��~~��~~��~~��

❓TANYA:
Penanya berkata:
Fadhilatusy syaikh, sebagian org di t4 kami menamai ulama kerajaan saudi arabiyyah dgn wahhabiyyah,

apakah kalian ridha dengan penamaan ini?

Dan apa bantahan thdp yg menamai kalian dgn nama ini?

❗JAWAB:
Julukan ini masyhur utk para ulama tauhid ulama najd mereka (musuh2 mereka) menisbahkan mereka (para ulama tauhid) kpd Syaikh Al Imam Muhammad bin Abdil Wahhab rahmatullahi 'alaih

Sebab beliau menyeru kepada Allah azza wa jalla di pertengahan kedua dari abad ke dua belas, dan berusaha kuat dalam menjelaskan tauhid dan penerangan akan kesyirikan kepada manusia, hingga banyak manusia yang Allah beri hidayah disebabkan beliau, dan manusia mentauhdikan Allah dan meninggalkan apa yg mereka di atasnya dari segala macam kesyirikan besar berupa peeibadatan thdp kuburan dan kebidahan yg berkaitan dgn penghuni kuburan, dan kebidahan yg berkaitan dgn kuburan, serta peribadatan kpd pepohonan bebatuan dan sikap melampaui batas thdp org2 shalih.

Sehingga dakwah beliau  adalah dakwah pembaharu islam yg agung, Allah memberi manfaat dgn perantaranya kaum muslimin di jazirah arabiyyah dan selainnya -semoga Allah merahmatinya dgn rahmat yg luas- dan jadilah pengikut2nya dan siapa yg berdakwah dengan dakwahnya dan tumbuh  beekembang di atas dakwah ini di najd dinamai dgn (wahabi),

Dan adalah julukan ini sbg alamat bagi setiap yg menyeru untuk mentauhidkan Allah, dan melarang dari keayirikan dan melarang dri keterpautan trhdp penghuni kuburan atau terpaut kpd pepohonan atau bebatuan, serta memerintahkan kepada pemurnian ibadah hanya utk Allah semata dinamai sbg wahhabi, maka ini adalah julukan yg mulia nan agung menunjukkan bhw yg dijuluki dgnnya maka dia itu adalah ahlut tauhid, dan termasuk dari org2 yg ikhlas kepada Allah, dan termasuk dri org2 yg melarang dari kesyirikian thdp Allah, dan mlarang dari peribadatan kpd kuburan pepohonan bebatuan patung2 dan berhala2.

Inilah asal penamaan ini, dan julukan ini adalah penibatan kpd Syaikh Al Imam Muhammad bib 'Abdul wahhab bin Sulaiman bin 'Ali At Tamimi Al Hanbali seorang dai kepada Allah azza wa jalla semoga Allah merahmatinya dgn rahmat yg luas.

Beliau tumbuh dan berkembang di najd, belajar di najd kmdn safar ke mekkah dan madinah, iraq dan ahsa', dan mengambil ilmu dari  ulama2 negri tsb dari kalangan ahlus sunnah

Kemudian beliau kembali ke Najd kemudian melihat kondisi manusia di atas kebodohan dan peribadatan kpd kuburan, ghuluw (melampaui batas) thdp kuburan, melakukan kesyirikan dengan Allah subhanahu wa ta'ala, menyeru org2 mati dan meminta pertolongan kpd mereka serta membangun kuburan2 mrk.

Maka beliaupun berdakwah kepada Allah dan membimbing manusia dan melarang mereka daei kesyirikan, serta menjelaskan kpd mereka bahwa tauhid adalah hak Allah azza wa jalla thdp hamba2Nya.
Dan bahwasanya Tauhid itulah yg para Rasul alaihimush sholatu was sallam berdakwah kpdnya.
Dan menerangkan kpd mereka makna
لا إله إلا الله
Bahwasanya maknanya adalah tiada sembahan yg benar melainkan Allah,
Yakni: mengandung makna penafian dan penetapan, menafikan uluhiyyah dari selain Allah dan menetapkan peribadatan hnya utk Allah subhanahu wa ta'ala semata.

Sebagaimana Allah berfirman:

(ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ الْبَاطِلُُ)

"Demikianlah, karena sesungguhnya Allah lah yang benar dan sesungguhnya apa yang mereka seru selainnya adalah batil." [Luqman 30].

Dan Allah subhanahu berfirman:

(إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ)

"Hanya kepada engkaulah kami beribadah dan hanya kepada engkaulah kami memohon bantuan." [Al-Fatihah 5]

Dan berfirman subhanah:

(وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ)

"Dan Rabbmu telah memerintahkan agar janganlah kalian menyembah selain kepadaNya)." [Al Isra': 23]

Dan berfirman Azza wa jalla:

(فَادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ)

"Maka serulah Allah dng memurnikan peribadatan kepadaNya walaupun org2 kafir benci." 
[Surat Ghafir 14]

Dan berfirman subhanah:

(وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء)

"Padahal mereka tidaklah diperintahkan melainkan agar menyembah Allah dengan memurnikan peribadatan kepadanya."
[Al-Bayyinah 5].

Jadi Syaikh rahimahullah -Muhammad bin Abdul Wahhab- menegakkan dakwah ini di pertengahan kedua dari abad kedua belas hijriyah, di 'uyaynah di negri dekat dari Riyad, beliau berdakwah kepada Allah padanya, dan menyebarkan tauhid hingga beliau memiliki majlis yang besar ktika mengajar, kmudian beliau pindah krn bbrp sebab yg ma'ruf ke negri dir'iyyah, dan disambut oleh pemimpinnya Muhammad bin Saud dan membaiatnya di atas dakwah kpd Allah azza wa jalla dan menebar islam di dir'iyyah dan sekitarnya maka Allah membeei manfaat dgn hal itu, dan saling baku tolong dua imam: Al imam Muhammad bin Abdul Wahhab dan Al Imam Muhammad bin Saud kakek keluarga kerajaan sekarang,

Merekapun saling ta'awun dalam dakwah, yg demikian itu terjasi pada tahun seribu seratu lima puluh delapan dari hijrah Nabawiyyah.

Demikianlah bermula dakwah di dir'iyyah setelah berpindah dari 'Uyaiynah, maka tersebarlah di sana Islam, dan dihilangkan kubbah2 yg ada di atas kuburan, dan meluaslah tauhid di antara manusia, merekapun mengerti hakikat dari makna
لا إله إلا الله

Kemudian bangkit negara Alu Saud pada sisa jazirah, maka Allah memberi manfaat dengan manfaat yang besar dgn perantara dakwah ini, dan menjadi simbol bagi ahlut tauhid di setiap tempat.

Kemudian dakwah ini juga tersebar di Yaman dan banyak penjuru baik india syam iraq dan mesir, dimana para imam huda dan ulama kebenaran menyambutnya dengan penerimaan, dan membantu Syaikh Muhammad rahimahullah dan berdakwah dgn dakwahnya.

Dan menyelisihi dakwah ini selain mereka yg telah diliputi kejahilan atau taqliid dan fanatik thdp bapak2 dan pendahulu mereka, atau diliputi hawa nafsu dan fanatik thdp tradisi mereka.
Jangan sampai manusia mengatakan: mengapa kalian tdk memberi tahu kami? Hingga akhirnya mereka justru memusuhi dakwah ini dan menulis tulisan2 yg batil menentang dakwah tauhid, namun Allah subhanah yg menolong dakwah dan pengusungnya dan tegaklah urusan tauhid di jazirah dan tersebar urusan Allah bihamdillah.

Kemudian para pengikut dakwah ini dan org2 yg mendakwahkan utk mentauhidkan Allah dr kalangan ulama at tauhid asal najd dan selain mereka dijuluki dengan julukan (wahhabiyah)

Dan dia adlh julukan yg ma'ruf mulia dan bukan julukan yg dianggap asing, dia adalah julukan ahlut tauhid dan iman dari para dai kpd Allah azza wa jalla.

Demikian julukan ini tersebar di banyak negri luar yg tidak dinisbahkan kpd najd, apabila mereka melihat orang yg berdakwah kepada Allah kmudian menerangkan hakikat tauhid dan melarang dari kesyirikan baik itu di afrika atau yaman atau syam atau negri selainnya

Apabila sebagian org2 yg ghuluw melihat mereka tadi merekapun mengatakan: ini adalah wahhabi, supaya manusia lari daei dakwahnya, dan spy manusia mengira bahwa dakwah ini adalah dakwah yg batil atau dakwah yg menyelisihi syariat, padahal ini adalah kekeliruan yg besar dan munkar

Bahkan dakwah ini adalah hakikat yg didakwahkan oleh Rasul  shallallahu alaihi wa sallam, karena Rasul shallallahu alaihi wa sallam  menyeru kepada tauhidullah, demikian seluruh para Rasul menyeru kepada tauhidullah, dan menebar agama Allah alaihimus sholatu was salam sebagaimana Allah berfirman:

(وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطاغوتَ)

"Sungguh kami telah mengutus pada setiap umat seorang rasul menyeru agar sembahlah Allah dan jauhilah thoguth." [An-Nahl 36]

Inilah dakwah para rasul alahimush sholatu was salam seluruhnya, dan dia adalah dakwah Nabi kita dan sayyid kita Muhammad bin Abdillah shallallahu alaihi wa sallam

Sungguh beliau berdakwah utk mentauhidkan Allah dan meneggakkan dakaah di Makkah sehingga org2 musyrikun menamai org2 yg menerima dakwah beliau dgn: shobi'

Seperti dikatakan kepada seorang yg bertauhid sekarang dgn julukan wahhabi,

Maka siapa yg menerima dakwah Muhammad shallallahu alaihi wa sallam  di makkah mereka katakan: Shobi.

Demikian setelah beliau beehijrah, namun Allah menolong dakwah dan menguatkan NabiNya Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, dan tersebarlah dakwah di Makkah dan sekitarnya, kemudian beliau alaihis sholatu was salam berhijrah ke madinah, dan tersebarlah dakwah, dan tegaklah medan jihad, dan madinah menjadi benteng islam, dan negri keislaman, serta ibu kota pertama bagi islam walhamdulillah.

Dan maksud dari semua ini adalah:

Bahwa dakwah ini dan julukan ini ditujukan kpd seluruh org yg menyeru kepada pengesaan Allah, dan mengingkari kesyirikan

Dinamai oleh sebagian org2 bodoh dgn wahhabi, lantaran bidohnya mereka thdo hakikatnya dan tidak memiliki ilmu ttgnya, padahal hakikatnya adalah apa yg telah kami sebutkan bahwasanya dia adalah dakwah yang agung utk mentauhidkan Allah dan mengikuti Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
Dan tidak taqlid buta (membebek) dan fanatik yg dimurkai, serta tidak melakukan kesyirikan dan terpaut kpd org2 yg telah meninggal pepohonan dan batu2an atau para Nabi, org2 shaleh atau patung2.

Jadi dakwah ini memerangi pelaku kesyirikan dan menyeru untuk mentauhidkan Allah serta ikhlas kepdanya.

Dan beriman dgn makna
لا إله إلا الله
Dan penerapannya, serta menerapkannya, dan mewujudkan pengikutan kepda Rasul shallallahu alaihi wa sallam dan berpegang teguh dengan sunnahnya dan jalannya serta istiqomah di atas yg demikian itu.

Inilah dia dakwah Syaikh Muhammad rahimahullah.

��Fatawa Nuur 'Alad Darb no.6, oleh Asy Syaikh Bin Baz rahimahullah
[15:52 17/02/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺴﺎﺋﻞ : ﻓﻀﻴﻠﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ، ﻳﺴﻤﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻓﻲ
ﺍﻟﻤﻤﻠﻜﺔ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﺍﻟﺴﻌﻮﺩﻳﺔ ﺑﺎﻟﻮﻫﺎﺑﻴﺔ ﻓﻬﻞ ﺗﺮﺿﻮﻥ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﺘﺴﻤﻴﺔ؟ ﻭﻣﺎ ﻫﻮ
ﺍﻟﺮﺩ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻳﺴﻤﻴﻜﻢ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻻﺳﻢ؟
ﻫﺬﺍ ﻟﻘﺐ ﻣﺸﻬﻮﺭ ﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﻧﺠﺪ ﻳﻨﺴﺒﻮﻧﻬﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ
ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ؛ ﻷﻧﻪ ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻓﻲ
ﺍﻟﻨﺼﻒ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﻥ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻋﺸﺮ، ﻭﺍﺟﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﺇﻳﻀﺎﺡ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻭﺑﻴﺎﻥ
ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻟﻠﻨﺎﺱ، ﺣﺘﻰ ﻫﺪﻯ ﺑﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﻤَّﺎً ﻏﻔﻴﺮﺍً، ﻭﺩﺧﻞ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻲ ﺗﻮﺣﻴﺪ
ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺗﺮﻛﻮﺍ ﻣﺎ ﻫﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﺍﻷﻛﺒﺮ، ﻣﻦ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ،
ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻘﺔ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﺭ، ﻭﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻷﺷﺠﺎﺭ ﻭﺍﻷﺣﺠﺎﺭ، ﻭﺍﻟﻐﻠﻮ ﻓﻲ
ﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ .
ﻓﺼﺎﺭﺕ ﺩﻋﻮﺗﻪ ﺗﺠﺪﻳﺪﻳﺔ ﺇﺳﻼﻣﻴﺔ ﻋﻈﻴﻤﺔ، ﻧﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻓﻲ
ﺍﻟﺠﺰﻳﺮﺓ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ ﻭﻓﻲ ﻏﻴﺮﻫﺎ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺣﻤﺔ ﻭﺍﺳﻌﺔ - ﻭﺻﺎﺭ ﺃﺗﺒﺎﻋﻪ
ﻭﻣﻦ ﺩﻋﺎ ﺑﺪﻋﻮﺗﻪ ﻭﻧﺸﺄ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻓﻲ ﻧﺠﺪ ﻳﺴﻤﻰ ﺑـ ‏( ﺍﻟﻮﻫﺎﺑﻲ ‏) ،
ﻭﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻠﻘﺐ ﻋﻠﻤﺎً ﻟﻜﻞ ﻣﻦ ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻭﻋﻦ
ﺍﻟﺘﻌﻠﻖ ﺑﺄﻫﻞ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ، ﺃﻭ ﺍﻟﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻷﺷﺠﺎﺭ ﻭﺍﻷﺣﺠﺎﺭ، ﻭﺃﻣﺮ ﺑﺎﻹﺧﻼﺹ ﻟﻠﻪ
ﻭﺣﺪﻩ ﻭﺳﻤﻲ ﻭﻫﺎﺑﻴﺎً، ﻓﻬﻮ ﻟﻘﺐ ﺷﺮﻳﻒ ﻋﻈﻴﻢ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻟﻘﺐ ﺑﻪ
ﻓﻬﻮ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻹﺧﻼﺹ ﻟﻠﻪ، ﻭﻣﻤﻦ ﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺮﻙ
ﺑﺎﻟﻠﻪ، ﻭﻋﻦ ﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ ﻭﺍﻷﺷﺠﺎﺭ ﻭﺍﻷﺣﺠﺎﺭ ﻭﺍﻷﺻﻨﺎﻡ ﻭﺍﻷﻭﺛﺎﻥ .
ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﺃﺻﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﺴﻤﻴﺔ، ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻠﻘﺐ ﻫﻮ ﻧﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻹﻣﺎﻡ
ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﺑﻦ ﺳﻠﻴﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺘﻤﻴﻤﻲ ﺍﻟﺤﻨﺒﻠﻲ ﺍﻟﺪﺍﻋﻲ ﺇﻟﻰ
ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺣﻤﺔ ﻭﺍﺳﻌﺔ، ﻓﻘﺪ ﻧﺸﺄ ﻓﻲ ﻧﺠﺪ، ﻭﺗﻌﻠﻢ ﻓﻲ ﻧﺠﺪ،
ﺛﻢ ﺳﺎﻓﺮ ﺇﻟﻰ ﻣﻜﺔ ﻭﺍﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﻭﺍﻟﻌﺮﺍﻕ ﻭﺍﻷﺣﺴﺎﺀ ﻭﺃﺧﺬ ﻋﻦ ﻋﻠﻤﺎﺋﻬﺎ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ
ﺍﻟﺴﻨﺔ، ﺛﻢ ﺭﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﻧﺠﺪ ﻓﺮﺃﻯ ﻣﺎ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻬﻞ، ﻭﻋﺒﺎﺩﺓ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ
ﻭﺍﻟﻐﻠﻮ ﻓﻴﻬﺎ، ﻭﺍﻟﺸﺮﻙ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭﺩﻋﺎﺀ ﺍﻷﻣﻮﺍﺕ ﻭﺍﻻﺳﺘﻐﺎﺛﺔ
ﺑﻬﻢ ﻭﺍﻟﺒﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﻗﺒﻮﺭﻫﻢ، ﻓﺪﻋﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺃﺭﺷﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﻧﻬﺎﻫﻢ ﻋﻦ
ﺍﻟﺸﺮﻙ، ﻭﺑﻴﻦ ﻟﻬﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻫﻮ ﺣﻖ ﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻋﻠﻰ ﻋﺒﺎﺩﻩ، ﻭﺃﻧﻪ ﺍﻟﺬﻱ
ﺩﻋﺖ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﺮﺳﻞ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ .
ﻭﺑﻴﻦ ﻟﻬﻢ ﻣﻌﻨﻰ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﻥ ﻣﻌﻨﺎﻫﺎ : ﻻ ﻣﻌﺒﻮﺩ ﺣﻖٌ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ، ﻳﻌﻨﻲ :
ﺃﻧﻬﺎ ﻧﻔﻲ ﻭﺇﺛﺒﺎﺕ، ﺗﻨﻔﻲ ﺍﻹﻟﻬﻴﺔ ﻋﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺗﺜﺒﺖ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ
ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ : ﺫَﻟِﻚَ ﺑِﺄَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﺤَﻖُّ ﻭَﺃَﻥَّ ﻣَﺎ ﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ
ﻣِﻦ ﺩُﻭﻧِﻪِ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﺒَﺎﻃِﻞُ [1] ، ﻭﻗﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ : ﺇِﻳَّﺎﻙَ ﻧَﻌْﺒُﺪُ ﻭﺇِﻳَّﺎﻙَ ﻧَﺴْﺘَﻌِﻴﻦُ [2] ،
ﻭﻗﺎﻝ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ: ﻭَﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﻣِﻦ ﻗَﺒْﻠِﻚَ ﻣِﻦ ﺭَّﺳُﻮﻝٍ ﺇِﻟَّﺎ ﻧُﻮﺣِﻲ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻟَّﺎ
ﺃَﻧَﺎ ﻓَﺎﻋْﺒُﺪُﻭﻥِ [3] ، ﻭﻗﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ : ﻭَﻗَﻀَﻰ ﺭَﺑُّﻚَ ﺃَﻻَّ ﺗَﻌْﺒُﺪُﻭﺍْ ﺇِﻻَّ ﺇِﻳَّﺎﻩُ [4] ،
ﻭﻗﺎﻝ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ : ﻓَﺎﺩْﻋُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻣُﺨْﻠِﺼِﻴﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪِّﻳﻦَ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺮِﻩَ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮُﻭﻥَ [5] ،
ﻭﻗﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ : ﻭَﻣَﺎ ﺃُﻣِﺮُﻭﺍ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻣُﺨْﻠِﺼِﻴﻦَ ﻟَﻪُ ﺍﻟﺪِّﻳﻦَ ﺣُﻨَﻔَﺎﺀ [6] .
ﻓﺎﻟﺸﻴﺦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ - ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ - ﻗﺎﻡ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻓﻲ
ﺍﻟﻨﺼﻒ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﻥ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﻬﺠﺮﻱ، ﻭﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻴﻴﻨﺔ ﻓﻲ
ﺑﻠﺪﺓ ﻗﺮﻳﺒﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻳﺎﺽ، ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻬﺎ، ﻭﻧﺸﺮ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻭﺻﺎﺭﺕ ﻋﻨﺪﻩ
ﺣﻠﻘﺔ ﻋﻈﻴﻤﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﻠﻴﻢ، ﺛﻢ ﺍﻧﺘﻘﻞ ﻷﺳﺒﺎﺏ ﻣﻌﺮﻭﻓﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺪﺭﻋﻴﺔ، ﻭﺗﻠﻘﺎﻩ
ﺃﻣﻴﺮﻫﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺑﺎﻳﻌﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ، ﻭﻋﻠﻰ ﻧﺸﺮ
ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺭﻋﻴﺔ ﻭﻣﺎ ﺣﻮﻟﻬﺎ ﻓﻨﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺬﻟﻚ، ﻭﺗﻌﺎﻭﻥ ﺍﻹﻣﺎﻣﺎﻥ: ﺍﻹﻣﺎﻡ
ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﻭﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻮﺩ ﺟﺪ ﺍﻟﻌﺎﺋﻠﺔ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﺔ ﺍﻵﻥ،
ﻓﺘﻌﺎﻭﻧﺎ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ، ﻭﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﻋﺎﻡ ﺛﻤﺎﻥٍ ﻭﺧﻤﺴﻴﻦ ﻭﻣﺎﺋﺔ ﻭﺃﻟﻒ
ﻣﻦ ﺍﻟﻬﺠﺮﺓ ﺍﻟﻨﺒﻮﻳﺔ .
ﻫﻜﺬﺍ ﺑﺪﺃ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺭﻋﻴﺔ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺍﻧﺘﻘﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻴﻴﻨﺔ، ﻓﺎﻧﺘﺸﺮ ﺍﻹﺳﻼﻡ
ﻫﻨﺎﻙ، ﻭﺃﺯﻳﻠﺖ ﺍﻟﻘﺒﺎﺏ ﺍﻟﺘﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ،
ﻭﻋﺮﻓﻮﺍ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﻣﻌﻨﻰ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ، ﺛﻢ ﻗﺎﻣﺖ ﺩﻭﻟﺔ ﺁﻝ ﺳﻌﻮﺩ ﻓﻲ ﺑﻘﻴﺔ
ﺍﻟﺠﺰﻳﺮﺓ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮ ﺃﻣﺮ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻓﻲ ﺃﻃﺮﺍﻑ ﺍﻟﺠﺰﻳﺮﺓ، ﻓﻨﻔﻊ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ
ﻧﻔﻌﺎً ﻋﻈﻴﻤﺎً، ﻭﻇﻬﺮ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﺤﻖ، ﻭﺍﻧﺘﺼﺮ ﺑﻬﺎ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﺻﺎﺭﺕ ﻋﻠﻤﺎً
ﻷﻫﻞ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﻜﺎﻥ .
ﺛﻢ ﺍﻧﺘﺸﺮﺕ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺃﻳﻀﺎً ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻤﻦ، ﻭﻓﻲ ﺟﻬﺎﺕ ﻛﺜﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻬﻨﺪ
ﻭﺍﻟﺸﺎﻡ ﻭﺍﻟﻌﺮﺍﻕ ﻭﻣﺼﺮ، ﺣﻴﺚ ﺗﻠﻘﺎﻫﺎ ﺃﺋﻤﺔ ﺍﻟﻬﺪﻯ ﻭﻋﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺤﻖ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﻝ،
ﻭﺳﺎﻋﺪﻭﺍ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺩﻋﻮﺍ ﺑﺪﻋﻮﺗﻪ .
ﻭﺧﺎﻟﻔﻪ ﺁﺧﺮﻭﻥ ﻣﻤﻦ ﻏﻠﺐ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺠﻬﻞ، ﺃﻭ ﺍﻟﺘﻘﻠﻴﺪ ﻭﺍﻟﺘﻌﺼﺐ ﻵﺑﺎﺋﻬﻢ
ﻭﺃﺳﻼﻓﻬﻢ، ﺃﻭ ﻏﻠﺐ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﻬﻮﻯ ﻭﺍﻟﺘﻌﺼﺐ ﻟﻤﺎ ﻫﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻟﺌﻼ ﻳﻘﻮﻝ
ﺍﻟﻨﺎﺱ : ﻟﻤﺎﺫﺍ ﻟﻢ ﺗﻌﻠﻤﻮﻧﺎ؟ ﻓﻌﺎﺩﻭﺍ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ، ﻭﻛﺘﺒﻮﺍ ﻛﺘﺎﺑﺎﺕ ﺑﺎﻃﻠﺔ
ﺿﺪﻫﺎ، ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻧﺼﺮ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻭﺃﻫﻠﻬﺎ ﻭﺍﺳﺘﻘﺎﻡ ﺃﻣﺮ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻓﻲ
ﺍﻟﺠﺰﻳﺮﺓ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮ ﺃﻣﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ، ﻓﺼﺎﺭ ﺃﺗﺒﺎﻉ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻭﻣﻦ ﻳﺪﻋﻮﻥ
ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻣﻦ ﻋﻠﻤﺎﺀ ﻧﺠﺪ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ ﻳُﻠﻘﺒﻮﻥ ﺑـ
‏(ﺍﻟﻮﻫﺎﺑﻴﺔ ‏)، ﻓﻬﻮ ﻟﻘﺐ ﻣﻌﺮﻭﻑ ﺷﺮﻳﻒ ﻭﻟﻴﺲ ﺑﻤﺴﺘﻨﻜﺮ، ﻓﻬﻮ ﻟﻘﺐ ﺃﻫﻞ
ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ ﻭﺍﻹﻳﻤﺎﻥ، ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ .
ﻭﻫﻜﺬﺍ ﺍﻧﺘﺸﺮ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻠﻘﺐ ﻓﻲ ﻛﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪﺍﻥ ﺍﻟﺨﺎﺭﺟﻴﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻻ ﺗﻨﺘﺴﺐ
ﺇﻟﻰ ﻧﺠﺪ؛ ﺇﺫﺍ ﺭﺃﻭﺍ ﻣﻦ ﻳﺪﻋﻮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻳﺒﻴﻦ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺍﻟﺘﻮﺣﻴﺪ، ﻭﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ
ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻓﻲ ﺃﻓﺮﻳﻘﻴﺎ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻤﻦ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﺃﻭ ﻓﻲ ﺟﻬﺎﺕ ﺃﺧﺮﻯ، ﺇﺫﺍ
ﺭﺁﻫﻢ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻐﻼﺓ ﻭﺑﻌﺾ ﺍﻟﻤﻨﺤﺮﻓﻴﻦ ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﻫﺬﺍ ﻭﻫﺎﺑﻲ، ﺣﺘﻰ ﻳﻨﻔﺮﻭﺍ
ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻦ ﺩﻋﻮﺗﻪ، ﻭﺣﺘﻰ ﻳﻈﻦ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺩﻋﻮﺓ ﺑﺎﻃﻠﺔ ﺃﻭ
ﺩﻋﻮﺓ ﻣﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻠﺸﺮﻉ، ﻭﻫﻮ ﻏﻠﻂ ﻗﺒﻴﺢ ﻭﻣﻨﻜﺮ، ﺑﻞ ﻫﻲ ﺣﻘﻴﻘﺔ ﻣﺎ ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻴﻪ
ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺩﻋﺎ
ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻫﻜﺬﺍ ﺍﻟﺮﺳﻞ ﺟﻤﻴﻌﺎً ﻛﻠﻬﻢ ﺩﻋﻮﺍ ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﻧﺸﺮﻭﺍ
ﺩﻳﻦ ﺍﻟﻠﻪ - ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ - ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺑَﻌَﺜْﻨَﺎ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ
ﺃُﻣَّﺔٍ ﺭَّﺳُﻮﻻً ﺃَﻥِ ﺍﻋْﺒُﺪُﻭﺍْ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻭَﺍﺟْﺘَﻨِﺒُﻮﺍْ ﺍﻟﻄَّﺎﻏُﻮﺕَ [7] ، ﻫﺬﻩ ﺩﻋﻮﺓ ﺍﻟﺮﺳﻞ -
ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ - ﺟﻤﻴﻌﺎً، ﻭﻫﻲ ﺩﻋﻮﺓ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻭﺇﻣﺎﻣﻨﺎ ﻭﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ
ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ، ﻓﺈﻧﻪ ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻗﺎﻡ ﻓﻲ ﻣﻜﺔ
ﺑﺎﻟﺪﻋﻮﺓ ﻭﺻﺎﺭ ﺍﻟﻤﺸﺮﻛﻮﻥ ﻳﺴﻤﻮﻥ ﻣﻦ ﺃﺟﺎﺏ ﺩﻋﻮﺗﻪ ﺻﺎﺑﺌﺎً، ﻛﻤﺎ ﻳﻘﺎﻝ
ﻟﻠﻤﻮﺣﺪ ﺍﻵﻥ ﻭﻫﺎﺑﻲ، ﻓﻤﻦ ﺃﺟﺎﺏ ﺩﻋﻮﺓ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ
ﻣﻜﺔ ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻟﻪ : ﺻﺎﺑﺊ .
ﻭﻫﻜﺬﺍ ﺑﻌﺪ ﻣﺎ ﻫﺎﺟﺮ، ﻟﻜﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻧﺼﺮ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻭﺃﻳﺪ ﻧﺒﻴﻪ ﻣﺤﻤﺪﺍً ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮﺕ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻓﻲ ﻣﻜﺔ، ﻭﻓﻴﻤﺎ ﺣﻮﻟﻬﺎ، ﺛﻢ ﻫﺎﺟﺮ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ
ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺪﻳﻨﺔ، ﻭﺍﻧﺘﺼﺮﺕ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ، ﻭﻗﺎﻡ ﺳﻮﻕ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ، ﻭﺻﺎﺭﺕ
ﺍﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﻣﻌﻘﻞ ﺍﻹﺳﻼﻡ، ﻭﻣﺪﻳﻨﺔ ﺍﻹﺳﻼﻡ، ﻭﺍﻟﻌﺎﺻﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻟﻺﺳﻼﻡ،
ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ .
ﻭﺍﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﻛﻠﻪ: ﺃﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﻠﻘﺐ ﻟﻜﻞ ﻣﻦ ﺩﻋﺎ ﺇﻟﻰ
ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺃﻧﻜﺮ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻳﺴﻤﻴﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺠﻬﻠﺔ ﻭﻫﺎﺑﻴﺎً؛ ﻟﺠﻬﻠﻬﻢ ﻟﻠﺤﻘﻴﻘﺔ
ﻭﻋﺪﻡ ﻋﻠﻤﻬﻢ ﺑﻬﺎ، ﻭﺍﻟﺤﻘﻴﻘﺔ ﻫﻲ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻧﻬﺎ ﺩﻋﻮﺓ ﻋﻈﻴﻤﺔ ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ
ﻭﺇﻟﻰ ﺍﺗﺒﺎﻉ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻟﺘﻘﻠﻴﺪ ﺍﻷﻋﻤﻰ
ﻭﺍﻟﺘﻌﺼﺐ ﺍﻟﻤﻘﻴﺖ، ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻟﺒﺪﻉ ﻭﺍﻟﺨﺮﺍﻓﺎﺕ، ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻭﺍﻟﺘﻌﻠﻖ
ﺑﺎﻷﻣﻮﺍﺕ ﻭﺑﺎﻷﺷﺠﺎﺭ ﻭﺍﻷﺣﺠﺎﺭ، ﺃﻭ ﺑﺎﻷﻧﺒﻴﺎﺀ ﻭﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﺃﻭ ﺑﺎﻷﺻﻨﺎﻡ، ﻓﻬﺬﻩ
ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ ﺗﺤﺎﺭﺏ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻭﺗﺪﻋﻮ ﺇﻟﻰ ﺗﻮﺣﻴﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﻹﺧﻼﺹ ﻟﻪ،
ﻭﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺗﺤﻘﻴﻘﻬﺎ، ﻭﺗﺤﻘﻴﻖ ﺍﺗﺒﺎﻉ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ
ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﺍﻟﺘﻤﺴﻚ ﺑﺴﻨﺘﻪ ﻭﻃﺮﻳﻘﺘﻪ، ﻭﺍﻻﺳﺘﻘﺎﻣﺔ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ،

ﻫﺬﻩ ﻫﻲ ﺩﻋﻮﺓ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ

��~~��~~��~~��~~��?
[15:52 17/02/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: Faedah����ini ana terima dari Ustadz Abu 'Abdirrohman Shiddiq Al Bughisiy hafidzohulloh

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...