21 February 2016

Suatu faidah menarik dari As-Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab beliau Hilyatu Tholabul 'Ilmi

[14:32 18/02/2016] ‪+62 821-3399-3000‬: بسم الله الرحمن الرحيم

Suatu faidah menarik dari As-Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab beliau Hilyatu Tholabul 'Ilmi, beliau berkata :

فإن فلاح الامة في صلاح أعماله‍ا، وصلاح أعماله‍ا في صحة علومه‍ا، وصحة علومه‍ا في أن يكون رجاله‍ا أمناء فيما يروون أو يصفون.

Sesungguhnya kemenangan suatu umat berada dalam (tergantung pada) amalan2 sholihnya, dan kesolehan amalan mereka berada dalam (tergantung pada) keshohihan ilmunya, dan keshohihan ilmunya tergantung pada amanah atau tidaknya para pengemban (penyampai) ilmu dikalangan mereka.

Dan memang, kemenangan umat ini telah ditetapkan oleh Allah azza wa djalla dengan ilmu dan agama yg haq serta diutus-Nya Rasul-Nya Muhammah shalallahu 'alaihi wassalam, manusia yg paling jujur dan paling amanah dalam menyampaikan risalah Robbnya. Hal ini Allah ta'ala jelaskan dan tegaskan dalam firman-Nya :

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan Al-Huda dan Diinul Haq, agar Dia memenangkannya di atas semua agama meskipun orang musyrik membenci. (Ash-Shof ayat 9)

Para mufassirin telah menafsirkan makna Al-Huda disini adalah Al-Ilmu shohih wal nafi'  dan makna Diinul Haq adalah Amalan sholih.

Maka kemenangan umat ini adalah ketetapan yg pasti dari Allah ta'ala, namun keterpurukan umat ini disebabkan oleh adanya ulama2 su'u (jelek) dan da'i2 yg tidak amanah dan tidak jujur diatas ilmu, yg lebih mementingkan urusan dunia mereka, ketika petunjuk agama dirasakan akan merugikan dirinya. Mereka2 itulah yg meletakan penyakit dalam ilmu agama ini, mereka lah yg meletakkan batu sandungan dalam perjalanan umat mencapai kemenangannya.

Selanjutnya, syaikh menjelaskan :

فمن تحدث في العلم بغير أمنة فقد مس العلم بقرحة، ووضع في سبيل فلاح الامة حجر عثرة

Maka, barangsiapa berbicara suatu ilmu tanpa amanah, maka ia telah mencampuri penyakit pada ilmu tersebut, dan dia telah meletakkan kerikil penghalang pada kemenangan umat.

Maka kemenangan umat ini hanyalah bersama ahlussunnah yg kokoh dan jujur serta terpercaya diatas ilmunya.

والله تعالى أعلم بالصواب

---------------------

9 Jumadil awwal 1437 H.
Dars ba'da Dzuhur Ma'had Al-Utsmaniy, Purworejo.
[15:22 18/02/2016] Ustadz Irham: أحسنت. وفقك الله
[19:17 18/02/2016] ‪+62 858-7812-4251‬: Jazakallohu khoir atas faidah faidahnya. Bismillah semoga ALLOH mudahkan kita utk bisa engamalkannya

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...