28 October 2015

Soal : Seorang berhutang ribawi dgn menggadaikan rumahnya sbg jaminan. Ketika jatuh tempo, bank melelang rumah tsb karena peminjam tdk sanggup membayar hutangnya. Karena posisi rumah tsb yang berada di depan masjid maka sebagian muhsinin ingin membelinya untuk dijadikan perluasan masjid

سؤال :
شخص رهن بيته مقابل قرض ربوي , وعند حلول الأجل المتفق عليه ولعجز صاحب البيت عن القضاء قامت المؤسسة الربوية ببيع البيت عن طريق المحكمة بواسطة المزاد العلني , وبحكم مقابلة البيت  لأحد المساجد رأى بعض المحسنين شراءه من المشتري الذي اشتراه عن طريق المزاد العلني , لإلحاق مساحته بمساحة المسجد.

السؤال .
1 ما حكم عقد الرهن في مقابل القرض الربوي ؟
2 ما حكم شراء هذا البيت الذي بيع بغير اختيار صاحبه العاجز عن تسديد القرض الربوي ؟
3 هل يدخل هذا الشراء في شراء المغصوب ؟
4 ما حكم شراء هذا البيت من المشتري الثاني مع العلم بقصة بيعه وإشراكه بمساحة المسجد؟

الجواب :
الحمد لله

أولا :

الاقتراض بالربا محرم تحريما شديدا ، وهو كبيرة من كبائر الذنوب ، لقوله تعالى : (يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ * فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُؤُوسُ أَمْوَالِكُمْ لا تَظْلِمُونَ وَلا تُظْلَمُونَ) البقرة/278 ، 279 .
وما روى مسلم (1598) عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : (لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا ، وَمُؤْكِلَهُ ، وَكَاتِبَهُ ، وَشَاهِدَيْهِ ، وَقَالَ : هُمْ سَوَاءٌ) .

فلا يجوز الاقتراض الربوي ، ولا توثيقه برهن أو كفيل .

ثانيا :

لا يلزم المقترض بالربا سداد الفائدة ، بل يلزمه سداد أصل القرض فقط ، فإن عجز عن ذلك ، وكان قد ترك للمقرض رهنا ، جاز بيع الرهن في حالتين :

الأولى :
أن يأذن المقترض (الراهن) ببيعه ، سواء أذن عند عقد الرهن ، أو أذن عند وقت سداد الدين.

الثانية :
أن تقضي بذلك المحكمة .

قال في "زاد المستقنع" : " ومتى حلّ الدين وامتنع من وفائه ، فإن كان الراهن أذن للمرتهن في بيعه ، باعه ووفّى الدين ، وإلا أجبره الحاكم على وفائه أو بيع الرهن ، فإن لم يفعل باعه الحاكم ووفّى دينه " انتهى .

وللمحكمة أن توكل من يتولى البيع ، سواء وكّلت المقرض (المرتهن) أو غيره .

ويشترط في حق من يبيع الرهن سواء كان المرتهن أو أي جهة يعينها القاضي أن يبيع العين المرهونة بثمن المثل ، لا بأقل .
قال في "مغني المحتاج" (3/71) : "ولا يبيع العدلُ المرهونَ إلا بثمن مثله حالاًّ من نقد بلده ، كالوكيل ، فإن أخل بشيء منها لم يصح البيع ، لكن لا يضر النقص عن ثمن المثل بما يتغابن به الناس ، لأنهم يتسامحون فيه" انتهى .
والعدل هو من يُحفظ عنده الرهن ، إذا اتفق الطرفان على جعل الرهن عند من يحفظه.
وعليه ؛ فإن كان الرهن قد بيع لعجز المقترض عن سداد أصل القرض ، وكان ذلك بحكم المحكمة ، وقد تم بالمزاد العلني ، فلا حرج في شرائه ، ولا أثر لعدم رضا البائع ، فإنَّ بَيْعَ المكرَه يصح إذا كان قد أُكره بحق ، ولا يعد هذا من شراء المغصوب .

قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : "وقوله : «فلا يصح [يعني : البيع] من مكره بلا حق» أفادنا ـ رحمه الله ـ أنه إذا كان مكرها بحق فلا بأس ؛ لأن هذا إثبات للحق ، أي : إذا أكرهنا الإنسان على البيع بحق ، فإن هذا إثبات للحق وليس ظلما ولا عدوانا .
مثال ذلك : شخص رهن بيته لإنسان في دين عليه وحَلَّ الدين فطالب الدائن بدينه ، ولكن الراهن الذي عليه الدين أبى ، ففي هذه الحال يجبر الراهن على بيع بيته ؛ لأجل أن يستوفي صاحب الحق حقه فيرغم على ذلك .
مثال آخر : أرض مشتركة بين شخصين وهي أرض صغيرة لا تمكن قسمتها ، فطلب أحد الشريكين من الآخر أن تباع فأبى الشريك الآخر ، فهنا تباع الأرض قهرا على من امتنع ؛ لأن هذا بحق من أجل دفع الضرر عن شريكه .
فالضابط إذا : (أنه إذا كان الإكراه بحق فإن البيع يصح ولو كان البائع غير راض بذلك) ؛ لأننا هنا لم نرتكب إثما لا بظلم ولا بغيره فيكون ذلك جائزا " انتهى من "الشرح الممتع" (8/ 108).

ثالثا :

لا حرج في شراء البيت من المشتري الثاني ، وإلحاقه بالمسجد .

والله أعلم .

Soal :
Seorang berhutang ribawi dgn  menggadaikan rumahnya sbg jaminan.
Ketika jatuh tempo, bank melelang rumah tsb karena peminjam tdk sanggup membayar hutangnya.
Karena posisi rumah tsb yang berada di depan masjid maka sebagian muhsinin ingin membelinya untuk dijadikan perluasan masjid.

Pertanyaannya:
1. Apa hukum gadai dalam hutang piutang ribawi?
2. Apa hukum membeli rumah tsb yang dijual oleh bank tanpa kerelaan dari pemiliknya yang tidak mampu membayar hutang ribanya yg telah jatuh tempo?
3. Apakah masuk perkara ini dalam jual beli ghoshob (jual beli tanpa ijin pemiliknya)?
4. Apakah hukum bagi pembeli yang membeli rumah tsb dari pembeli kedua, dalam keadaan dia mengetahui permasalahan rumah tsb?

Al jawab ;
Alhamdulillah .

Pertama;
Hutang ribawi adalah harom yang sangat, dia termasuk salah satu dari pada dosa2 yang besar.

Dalilnya adalah firman Alloh.
Wahai orang yang beriman tinggalkanlah apa yang tersisa dari pada riba jika kalian adalah orang yang beriman.

Dan hadits jabir yang diriwayatkan oleh imam muslim; bahwa rasululloh melaknat orang yang memakan harta riba dan pemberi makannya dan penulisnya serta kedua saksinya kemudian beliau berkata; mereka semua sama. Yakni dalam tanggungan dosanya.

Maka tidak boleh hutang dgn cara riba atau menjaminkan gadaian untuknya atau memberikan penjamin padanya.

Yang kedua;
Tidak wajib orang yang berhutang membayar bunga dari pinjaman riba tsb.

Yang wajib adalah membayar nilai hutangnya saja.

Jika tidak mampu membayara hutang tsb sementara dia telah menggadaikan barangnya maka gadai tsb boleh di jual dalam dua keadaan;

Kondisi pertama:
Ada ijin dari peminjam untuk menjualnya , sama saja apakan ijin tsb sebelum akad gadainya atau pada waktu pelunasan hutang.

Kondisi kedua:
Jika mahkamah / hakim yang menjual gadai tsb (tentunya setelah mereka melihat memang gadai tsb telah memenuhi persyaratan untuk dijual).

Kalimat setelahnya adalah nukilan dari ucapan ulama (ibnu qudamah) dalam permaslahan ini.
Boleh bagi hakim untuk mewakilkan kepada siapa saja penjualan gadai tsb....dst.

Maka jika gadai telah dijual karena ketidakmampuan peminjam membayar hutang pokoknya, dan hukum tsb telah disetujui oleh pengadilan dan telah selesai penjualannya dgn cara lelang MAKA TIDAK MENGAPA UNTUK MEMBELI BARANG GADAI TERSEBUT, dan tidak berpengaruh ketidak ridhoannya penjual yaitu pemilik gadai.
Karena kalaupun hakim memaksa menjualnya maka paksaan tersebut adalah paksaan yang dibenarkan (karena telah jatuh tempo pembayaran hutang).

Bukan hal ini termasuk jual beli barang tanpa ijin pemiliknya.
Dinukil ucapan syaikh utsaimin....dst.

Yang ketiga:
Tidak mengapa membeli rumah gadai tetsebut dari pembeli yang kedua dan memasukkannya dalam perluasan masjid.

-Selesai terjemah pertanyaan dan jawab dari teks diatas yang diambil dari web IslamQA .com-

Kesimpulan:
Jawaban dari pertanyaan tsb adalah bolehnya seorang membeli barang sitaan bank dari nasabahnya, walaupun yang afdhol/utama adalah seseorang tidak mendekati bank dan bermuamalah dgn mereka, karena ancaman dari dosa riba yang telah maklum bagi kita.
والله المستعان.

�� Faedah dari ustadz Abu 'Abdirrohman Muhammad Irham Ad Demakiy hafidzohulloh melalui WA japri Abu Jundi medan [14:30 28/10/2015]

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...