28 October 2015

(sambungan dari postingan yg berjudul: YAA ALLOOH TOLONGLAH JANDA PARA SYUHADA)

Ust. Abu Fayruz kudus:
Sesungguhnya ana mengucapkan syukur kepada para ikhwah yang telah menunjukkan pada Alloh kepeduliannya kepada para janda2 ikhwah kita yang dibunuh oleh rofidhoh. Kepedulian itu bisa berupa dg harta, penyebaran nasihat, dan doa dll. Semua memberikan dukungan sesuai dg kemampuan dan semangatnya. Semoga Alloh membalas kebaikan antum semua dg pahala setinggi2nya.

Telah banyak dalil2 ttg keutamaan shodaqoh, sebagiannya tercantum dlm kitab "Menghadapi Kedengkian".

termasuk dari keutamaan shodaqoh juga adalah: keselamatan dari siksaan.

Dari Al Harits Al As’ariy رضي الله عنه: bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

«إن الله أمر يحيى بن زكريا بخمس كلمات أن يعمل بها ويأمر بني إسرائيل أن يعملوا بها –إلى قوله:- وآمركم بالصدقة فإن مثل ذلك كمثل رجل أسره العدو فأوثقوا يده إلى عنقه وقدموه ليضربوا عنقه فقال أنا أفديه منكم بالقليل والكثير ففدى نفسه منهم». الحديث. (أخرجه الترمذي (2863)/صحيح).

“Sesungguhnya Alloh memerintahkan Yahya bin Zakariya dengan lima kalimat untuk mengamalkannya, dan memerintahkan Bani Isroil untuk mengamalkannya” –sampai pada sabda beliau:- “Dan aku (Yahya) perintahkan pada kalian untuk bershodaqoh, karena sesungguhnya permisalan yang demikian itu adalah seperti orang yang ditawan oleh musuh, lalu mereka mengikat tangannya dan memajukannya untuk dipenggal lehernya, lalu dia berkata: “Aku menebus diriku dari kalian dengan harta yang sedikit ataupun yang banyak.” Maka dia bisa menebus dirinya dari mereka.” (HR. At Tirmidziy (2863)/shohih).

Al Imam Ibnul Qoyyim رحمه الله berkata: “Karena sesungguhnya shodaqoh itu memiliki pengaruh yang mengagumkan dalam menolak berbagai bencana sekalipun shodaqoh itu berasal dari orang yang jahat atau zholim, bahkan dari orang kafir karena sesungguhnya Alloh ta’ala menolak darinya dengan shodaqohnya itu bermacam-macam bencana. Dan ini adalah perkara yang telah diketahui oleh manusia, ulamanya dan orang awamnya. Dan penduduk bumi semuanya mengakui karena mereka telah mencobanya” –sampai pada ucapan beliau:- “ dan di dalam permisalan yang dibuat oleh Nabi صلى الله عليه وسلم yang demikian itu dengan orang yang diajukan untuk dipenggal lehernya, maka dia menebus dirinya sendiri dari mereka dengan hartanya yang cukup.

Maka sungguh shodaqoh itu menebus sang hamba dari siksaan Alloh ta’ala karena sesungguhnya dosa-dosanya dan kesalahan-kesalahannya menuntut kebinasaannya, maka datanglah shodaqoh menebusnya dari siksaan, dan membebaskannya darinya.

Oleh karena itulah Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda dalam hadits shohih manakala beliau berkhothbah kepada para wanita pada hari ‘Id:

«يا معاشر النساء تصدقن ولو من حليكن فإني رأيتكن أكثر أهل النار»

“Wahai para wanita, bershodaqohlah kalian, sekalipun dari perhiasaan kalian, karena sesungguhnya kalian adalah penduduk neraka yang terbanyak.”

Dan seakan-akan beliau mendorong mereka dan menyemangati mereka untuk menebus diri mereka sendiri dari neraka.

Dan dalam “Ash Shohihain” dari Adi bin Hatim yang berkata: Rosululloh صلى الله عليه وسلم bersabda:

«ما منكم من أحد إلا سيكلمه ربه ليس بينه وبينه ترجمان فينظر أيمن منه فلا يرى إلا ما قدم وينظر أشأم منه فلا يرى إلا ما قدم وينظر بين يديه فلا يرى إلا النار تلقاء وجه فاتقوا النار ولو بشق تمرة».

“Tiada seorangpun dari kalian kecuali Robbnya akan mengajaknya bicara, tiada di antara dirinya dan Robbnya penerjemah. Lalu dia melihat ke sebelah kanannya, maka dia tidak melihat kecuali apa yang telah dikerjakannya. Dan dia melihat ke sebelah kirinya, maka dia tidak melihat kecuali apa yang telah dikerjakannya. Dan dia melihat ke sebelah depannya, maka dia tidak melihat kecuali api di depan wajahnya.
Maka lindungilah diri kalian walaupun dengan setengah biji korma.”
(“Al Wabilush Shoyyib”/hal. 69-72/Dar Alamil Fawaid).

Dan bukanlah meminta2. Ini sekedar syafaat dlm kebaikan. Si pembicaranya tidak mengambil keuntungan duniawi sedikitpun dari nasihat dan anjuran tadi.

Lebih baik berhutang atau berniaga daripada meminta-minta.

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...