22 October 2015

Hukum Menggunakan ikon gambar (bernyawa) dan smile

حكم الوجوه التعبيرية

(الا‌بتسامات) فى المنتديات

هذا السؤال مفرغ من شريط

للشيخ زيد المدخلي-حفظه الله-

في إجابة أسئلة منها سؤال في حكم الوجوه التعبيرية في برامج محادثة.

سائل يقول:

ما حكم الصور التي فيها رُوح في الكمبيوتر و ترسل بين الإ‌خوة المتحادثين تعبيرا عما يريدون قوله,كصورة الرجل المبتسم في حالة الرضى, وصورة الرجل الغاضب في حالة الزعل

فأجاب الشيخ:

�� هذا المصطلح ليس له أصل في الشرع, و لا‌ حاجة إلى الصور المجسمة إلا‌ للضرورة وهذا ليس من الضرورة, هذه المصطلحات ليس لها أصل و لا‌ نؤيدهم عليها بل إن كان لبعضهم على بعض حاجة فعليه أن يكلمه بالوسيلة, أما هذه العلا‌مات علا‌مة الرضى و علا‌مة السخط هذه ليست من منهج أهل السنة و الجماعة,

��(المصدر: منتديات الامام الآجري)

::::::::
*Hukum Gambar smiley*
Pertanyaan hasil transkip suara syekh Zaid Al Madlhali.
Diantara pertanyaannya
tentang hukum gambar2smiley pd alat2 elektronik��
Berkata penanya : apa hukum gambar b.nyawa pd alat2 elektronik yg di sebar orang2 yg saling b.cakap untuk mngibaratkn apa yg ingin diungkapkn.sprt gambar senyum ktk senang,gambar marah ktk marah..?
Beliau jawab : penggunaan sprt ini tdk ada asalnya dlm syariat.qt tdk butuh pd gambar b.nyawa kcuali darurat dan ini tdk t.masuk darurat.
Pnggunaan2 sprt ini tdk ada dalilx & km tdk mnyetujuinya.bahkan jk ssorang ada kbutuhan pd yg lain mk ia mnyebutx scr lgsung.
Adapun tanda2 ini ,tanda senang atau marah mk bukan dr metode Ahlussunnah
(sumber : Majlis Imam Al Ajurry)
Diterjemahkan oleh Abu Amr Ridwan.

������    كلام الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله في هذا الأمر:

حكم استعمال الأيقونات المصورة والابتسامات
بسم الله .. والصلاه والسلام على رسول الله ..... أما بعد
هذا داخل في عموم نهي النبي صلى الله عليه وسلم عن اتخاذ الصور ووجوب طمسها كما في حديث على رضي الله عنه مرفوعا:
عن حيان بن حصين قال قال لي علي رضي الله عنه
ألا أبعثك على ما بعثني عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم ألا تدع صورة إلا طمستها ولا قبرا مشرفا إلا سويته رواه مسلم وأبو داود والترمذي
وبما أخبر به النبي عليه الصلاة والسلام من أن من صور شيئا فيه الروح عذب به في نـــار جهنــم إلى غير ذلك من الاحاديث .
ولئن اختلف أهل العلم في حكم التصوير الفوتغرافي الحديث فإنهم لايختلفون في حالتين يشملهما الشرع

الاولى: المجسمات .. كالتماثيل ونحوها .

الثانية: الرسومات.. كهذه الموجودة في المواقع وقول من يقول أنها ليست بصورة ليس بصحيح فإن وجود العينين والشفتين بهذا الشكل الدائري هو الصورة بعينها وهو الذي أمر به جبريل عليه الصلاه والسلام بقطعه من التمثال كما ورد في الحديث "أن جبريل عليه السلام امتنع عن دخول بيت الرسول صلى الله عليه وسلم لوجود تمثال على باب بيته ولم يدخل في اليوم التالي حتى قال له : مر برأس التمثال فليقطع حتى يصير كهيئة الشجرة" صححه الألباني في غاية المرام. فدل على أن الإشكال في الرأس الذي إذا قطع صار باقي التمثال كأنه شجرة . والله المستعان .

����من كتاب العلامة الشيخ عبدالعزيز بن باز: القول المفيد في حكم التصوير
��������������������������

����Hukum Menggunakan ikon gambar (bernyawa) dan smile����

��Bismillah Alhamdulillah wash sholaatu wassalaamu 'ala Rasulillah , amma ba'du:

Hal ini masuk dalam keumuman larangan Nabi shallallahu alaihi wasallam untuk membuat gambar, dan masuk dalam keumuman wajibnya menghapus gambar,  sebagaimana dalam hadits Ali radhiyallahu anhu secara marfu',

Dari Hayyan bin Hashin berkata: Ali radhiyallahu anhu berkata padaku:

"Maukah kamu untuk aku utus diatas perkara yang Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengutusku?!

Janganlah kamu membiarkan gambar melainkan kamu menghapusnya tidak juga kuburan yang dimuliakan/ditinggikan kecuali kamu ratakan."

HR.Muslim, Abu Dawud dan At Tirmidzy.

Dan berdasarkan apa yang sampaikan oleh Nabi shallalahu alaihi wasallam bahwa:

"siapa yang membuat suatu gambar  bernyawa maka niscaya ia akan disiksa dengan gambar itu dalam neraka Jahannam"

Dan hadits-hadits lainnya.

Walaupun ahlul ilmi berselisih pada hukum gambar fotografy modern, namun sesungguhnya mereka tidak berselisih pada dua keadaan,

Pertama: al mujassimaat/gambar berbentuk ..... seperti patung dan lainnya.

Kedua: gambar berupa garis.... seperti apa-apa yang ada pada situs/layar.

��Dan pendapat yang menyatakan bahwa hal itu bukanlah gambar adalah pendapat yang tidak benar.

Sebab keberadaan mata dan bibir dengan rupa seperti ini  yang melingkar, itulah gambar sebenarnya.

Dan hal itulah yang Jibril alaihissalaam perintahkan untuk dipotong dari patung, sebagaimana  disebutkan dalam hadits :

" sesungguhnya Jibril alaihissalaam tidak mau masuk rumah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lantaran adanya patung pada pintu rumah beliau shallallahu alaihi wasallam, dan juga tidak masuk pada esok harinya, sampai ia berkata:

"Perintahkan agar kepala patung  dipotong, hingga patung itu menjadi bagaikan pohon"

dinyatakan shahih oleh Al Al Bani dalam kitab Ghoyatul Maraam.

Hal ini menunjukkan bahwa bentuk rupa pada kepala, apabila dipotong maka sisa patung akan menjadi laksana pohon.

Allahul musta an.

���� dari kitab Al Allaamah Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baaz :
القول المفيد في حكم التصوير
Diterjemahkan Fadli Abu Ubaid.

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...