[17:56 07/01/2016] Ustadz Harits: Bismillahirrohmaanirrohiim.✔.. Setelah muallif (ibnu aajurruum) menyebutkan pembagian i'roob secara global, kemudian beliau akan menyebutkan pembagian i'roob secara terperinci, yaitu dg ucapannya :
(فللأسماء من ذلك :الرفعُ والنصبُ والخفضُ ولا جزم فيها)
(dan i'roob yg masuk pada isim ada tiga : rofa', nashob, dan jar tidak ada jazm pada isim).
Maksudnya : isim itu hanya menerima 3 i'roob saja yaitu (rofa', nashob, dan jar) dan tidak menerima jazm.
Contoh isim yg rofa':جاء زيدٌ.
Contoh isim yg nashob :رأيتُ زيدًا.
Contoh isim yg jar :نظرتُ إلى زيدٍ.
❌ Dan ISIM itu tidak menerima JAZM selama lamanya, karena jazm itu khusus pada fiil sebagaimana yg akan datang.
Jadi gak bisa kita katakan :لَمْ زيدْ kenapa..? Karena زيد adalah isim sehingga tidak bisa kemasukan penjazm yaitu (لَمْ) dan tidak mungkin juga lafadz ZAID tersebut di jazm (dg sukun) karena huruf LAM tersebut....
✔Kemudian beliau (ibnu aajurruum) berkata :
(وللأفعال من ذلك الرفع والنصب والجزم ولا خفض فيها)
(dan i'roob yang masuk pada fiil ada tiga :
Rofa', nashob, jazm dan tidak ada khofdh pada fiil).
Maksudnya : fiil itu hanya menerima tiga i'roob saja yaitu rofa', nashob, jazm dan tidak menerima jar /khofdh.
Contoh fiil yg rofa' seperti (يذهبُ ).
Contoh fiil yg nashob seperti (لَنْ يذهبَ ).
Contoh fiil yg jazm seperti (لَمْ يذهبْ ).
❌Dan fiil tersebut tidak menerima jar selama lamanya, karena jar/khofdh tidak masuk kecuali pada isim sebagaimana yg telah lewat, jadi gak bisa kita katakan:مِنْ يذهبٍ - مِنْ ذهبٍ - مِنْ اذهبٍ kenapa...? Karena lafadz (يذهب-ذهب - اذهب) adalah fiil sehingga tidak menerima huruf jar yg mengakibatkan setelahnya harus majruur.
Ketahuilah❗ bahwa semua fiil (mudhoori', maadhi, dan amr) tidak menerima kasroh di akhiranya, sehingga kapanpun fiil fiil tersebut ingin di kasroh karena bersambung dg yaa mutakallim pasti ada yg menghalang halangi dan menjaga fiil tersebut yaitu : NUN WIQOOYAH (nun yg fungsinya menjaga fiil agar tidak di kasroh).
Contoh untuk fiil madhi : ضَرَبَنِيْ - يَضْرِبُنِيْ - اضْرِبْنِيْ kalau kita perhatikan pada contoh contoh tersebut tidak ada satupun fiil yg di kasroh, melainkan semua kasroh di tahan oleh nun WIQOOYAH.... Wallohu a'lam.
[18:25 07/01/2016] +62 857-4123-5087: Afwan ust..ana masih blom paham ttg nun wiqooyahny..apkh ad tanda2 khusus?
[20:21 07/01/2016] Ustadz Harits: Nun wiqooyah ini termasuk penghalang kasroh yg ingin masuk pada fiil... Dan NUN WIQOOYAH muncul ketika fiil fiil akan di kasroh dikarenakan bersambung dg yaa mutakallim.
Contohnya fiil :يَضْرِبُ semula lafadz tersebut di dhommah akhirnya yaitu huruf BAA... Kemudian ketika ingin bersambung dg YAA MUTAKALLIM (يْ ) maka mengharuskan mengkasroh huruf akhirnya yaitu الباء dalam rangka untuk munaasabah menyesuaikan harokat yg cocok dg huruf setelahnya yaitu YAA, sehingga bentuk nya seperti ini يَضْرِبِيْ namun yg seperti ini gak boleh, kenapa..? Karena fiil tidak bisa menerima kasroh di akhir huruf..kemudian di datangkan NUN WIQOOYAH untuk menjaga fiil tersebut agar tidak di kasroh sehingga harokat kasroh yg semula berada di huruf BAA berpindah ke NUN tersebut dan huruf BAA tetap seperti semula sebelum bersambung dg YAA MUTAKALLIM, kemudian jadilah seperti ini يَضْرِبُنِيْ... (dia sedang memukulku).... Perlakukan seperti ini juga untuk fiil maadhi dan fiil amr.....adapun NUN WIQOOYAH itu sendiri adalah huruf mabniy tidak punya kedudukan dalam i'roob.. Wallohu a'lam.
[20:32 07/01/2016] +62 857-4123-5087: Apkh maknany berubah jg ust?
[20:32 07/01/2016] Abu Ammar: Contoh lainnya ustadz..
[20:38 07/01/2016] Abu Ammar: Berarti untuk fiil maadhi menjadi seperti ini
ضَرَبَنِيْ
[20:44 07/01/2016] Ustadz Harits: Berubah dari apa...
[20:44 07/01/2016] Ustadz Harits: Afwan tolong di perjelas
[20:44 07/01/2016] Ustadz Harits: Iya bener ضَرَبَنِيْ seperti ini juga اِضْرِبْنِيْ apabila fiil amr.... Wallohu a'lam
[20:46 07/01/2016] Ustadz Harits: Adapun kalau NUN itu sendiri gak ada maknanya..
[20:46 07/01/2016] Ustadz Harits: Tidak berubah
Home /
Faedah Bahasa Arab /
Matan Aajurrumiyyah /
Setelah muallif (ibnu aajurruum) menyebutkan pembagian i'roob secara global, kemudian beliau akan menyebutkan pembagian i'roob secara terperinci
08 January 2016
Setelah muallif (ibnu aajurruum) menyebutkan pembagian i'roob secara global, kemudian beliau akan menyebutkan pembagian i'roob secara terperinci
Share this
Related Articles :
0 Comments
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Paling Dilihat
-
[11:00 21/01/2016] +62 823-8865-8868: Arti Hadahullah Teks arab: هَدَاهُ اللهُ Arti: Semoga Allah memberinya hidayah taufik. Penggunaa...
-
[16:18 17/12/2015] Ustadz Harits: Bismillahirrohmaanirrohiim.... Pembahasan berikutnya adalah mengenai huruf huruf qosam (yg di pakai untuk...
-
Bismillah... ▪CONTOH FIIL MUDHOORI' YG TIDAK BERSAMBUNG DI AKHIRANNYA DG SESUATU APAPUN BESERTA I'ROOBNYA: ◾(يَأْكُلُ موسى الخبزَ)...
-
🌥 Dari Abdullah bin 'Amr رضي الله تعالى عنه : Rasulullah ِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda : °°° Barangsiapa yg DIAM maka d...
-
[19:31 22/02/2016] +62 882-6169-5337: بسم الله. السلام عليكم ورخمة الله... Afwan ya ikhwah fillah rohimakumulloh.. Ijinkan ana menyampai...
-
[8:30 12/12/2015] Ustadz Harits: Bismillahirrohmaanirohiim . berkata ibnu aajurruum - rohimahullohu ta'ala - ..والحرف جاء لمعنى (huruf y...
-
Bismillah... Adapun i'roob taqdiiry (perubahan yg tidak tampak) yg kedua adalah karena: ٢.الثِّقَلُ.[16:13 02/01/2016] Ustadz Harits: Bismillah... Adapun i'roob taqdiiry (perubahan yg tidak tampak) yg kedua adalah karena: ٢.الثِّقَلُ. ...
-
[17:10 10/03/2016] +62 823-3311-4735: Ada yg nanya.... Phondok umr bin khottob kuningan milik siapakah? [17:21 10/03/2016] +62 882-6169...
-
بسم الله الرحمن الرحيم MAROTIB ILMU (bagian 1) قال ابن القيم رحمه الله تعلى ؛ وللعلم ست مراتب : أولها : حسن السؤال الثانية : حسن الإنصا...
-
Bismillah.. ▫Faedah : 🔹ketahuilah..! bahwa (أبٌ) dan (أخٌ) memiliki dua bentuk jama' : 1 . Bentuk jama' taksir, contohnya : - أ...
Label
Arsip Blog
-
▼
2016
(129)
-
▼
January
(34)
- Apakah Ahlussunnah Tidak Berjihad?
- “Berapakah prosentase tertentu yang membatasi sese...
- Tanya : "bgm metode/ cara utk menegakkan syariat ...
- Pembagian isim mabniy yang kedua adalah : ٢.اسم ال...
- Setelah kita mengetahui bahwa البِنَاءُ masuk juga...
- Ketahuilah bahwasanya البناء (BINAA) itu masuk pad...
- Pembahasan berikutnya adalah mengenai lawan dari A...
- Kenapa kami menyebutkan pada pembahasan i'roob taq...
- Ana ingin bertanya dan mengamalkan istilah "Ikhwah...
- Setelah kita selesai membahas pembagian i'roob sec...
- Berikut adalah jarh (serun boikot) syaikh Sholeh a...
- PERGAULAN DENGAN ISTRI
- Setelah muallif (ibnu aajurruum) menyebutkan pemba...
- Pembahasan berikutnya adalah mengenai pembagian I'...
- Pembahasan berikutnya masih berkaitan masalah ISIM...
- apa tdk mengapa kita menggunakan kalender hijriyah...
- Bismillah... Adapun i'roob taqdiiry (perubahan yg ...
- Pembahasan berikutnya mengenai ucapan muallif (ibn...
- Sholat Isyroq Bagi Orang-orang yang Berudzur dari ...
- jangan anda berjabat tangan apabila anda masuk ked...
- Pembahasan berikutnya adalah penjelasan ttg ucapan...
- Pembahasan berikutnya adalah berkaitan tentang AL ...
- Pembahasan berikutnya adalah mengenai tanda tanda ...
- Pembahasan berikutnya adalah berkaitan masalah tan...
- Pembahasan berikutnya adalah mengenai huruf huruf ...
- Kita akan menyebutkan huruf huruf jar beserta makn...
- Pembahasan berikutnya berkaitan masalah tanda tand...
- berkata ibnu aajurruum - rohimahullohu ta'ala - .....
- Ttg syarat kalam menurut istilah ahli nahwu.... Sy...
- Adapun pembahasan berikutnya adalah mengenai syara...
- Berkata abu abdillah muhammad bin muhammad bin daw...
- Adapun kalam menurut istilah ahli nahwu harus terp...
- Insya Alloh pada kesempatan hari ini kita akan mem...
- Insya Alloh ta'ala sebelum kita mulai percobaan be...
-
▼
January
(34)
Powered by Blogger.