11 December 2015

Hukum menyanjung Ahlu bida' (HIZBY, MUBTADI' DST) dan MEMBELA MEREKA

��☕ Sarapan pagi dgn hidangan faedah dari sulawesi
______________________________

✒ Hukum menyanjung Ahlu bida' (HIZBY, MUBTADI' DST) dan MEMBELA MEREKA��

������������

1⃣  Berkata Fudhail bin 'Iyadh رحمة الله تعالى عليه : barangsiapa yg MENGAGUNGKAN AHLU BID'AH maka sungguh dia telah TA'AWUN dalam MENGHANCURKAN ISLAM, dan barangsiapa yg tersenyum dihadapan MUBTADI' maka sungguh dia telah melakukan PENGHASUTAN TERHADAP APA YG ALLAH عز وجل  TURUNKAN KEPADA MUHAMMAD صلى الله تعالى عليه وسلم , dan barangsiapa yg menikahkan anak wanitanya pada SEORANG MUBTADI' maka sungguh dia telah memutuskan SILATURAHIM ANAKNYA TSB, dan barangsiapa yg IKUT MENGANTARKAN JENAZAH MUBTADI' MAKA SENANTIASA DIA  BERADA DALAM KEMURKAAN ALLAH تبارك وتعالى sampai dia kembali (((dari pemakamannya tsb))).
[�� syarhu sunnah oleh Imam Al-Barbahari رحمة الله تعالى عليه hal :139].

�� �� ��
2⃣ Berkata Allamah Asy-Syathibi رحمة الله تعالى : °°° SESUNGGUHNYA PEMULIAAN TERHADAP SEORANG MUBTADI' MERUPAKAN TEMPAT TERJADINYA 2 KERUSAKAN, YG KEDUANYA TSB AKAN BEREFEK PADA KEHANCURAN AGAMA ISLAM :
�� Orang jahil dan masyarakat umum akan menoleh kepada PEMULIAAN tsb, kemudian MEREKA MEYAKINI pada MUBTADI' tsb bahwasanya DIRINYA ADALAH SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA, DAN SUNGGUH-SUNGGUH APA YG ADA PADANYA ADALAH LEBIH BAIK DARIPADA SELAINNYA, sehingga dgn demikian akan menghantarkan utk MENGIKUTI diri dan KEBID'AHANnya tanpa  MAU UTK MENGIKUTI AHLU SUNNAH ATAS SUNNAH² (YG AD@ PADA) MEREKA.
✌ bahwasanya jika dai MUBTADI' dimuliakan KARENA SEBAB KEBID'HANnya MAKA HAL INI MERUPAKAN PERKARA YG PALING UTAMA UTK TERSEBARNYA KEBID'AHAN PADA SEGALA PERKARA (DALAM AGAMA ISLAM).
✊�� KESIMPULANNYA :
Hidupnya KEBID'AHAN (YAKNI TETAP EKSIS PADA MASYARAKAT) dan SUNNAH² (MANHAJ RASULULLAH صلى الله تعالى عليه وسلم ) MATI (YAKNI DITINGGALKAN DALAM TUBUH MASYARAKAT), MAKA ITULAH SEBAB INTINYA KEHANCURAN AGAMA ISLAM.
[�� Al-i'tisham 1/114]

�� �� ��
3⃣ Berkata Uqbah bin Alqamah رحمة الله تعالى عليه :••• dulu aku berada disisi Artha'a bin mundzir, lalu sebagian yg hadir dimajelis tsb berkata :
���� bagaimana pendapat kalian thdp seseorang yg BERMAJELIS  dgn AHLU SUNNAH DAN BERGAUL DGN MEREKA, dan jika ahlu bid'ah dibicarakan (dikritik), maka dia berkata : tinggalkan kami dari membicarakan mereka, gak usah kalian menyebut² mereka.
���� Artha'a berkata : orang tsb adalah dari kalangan mereka, jangan sampai kalian TERSAMARKAN DARI KEADAAN DIRINYA.
✋ dia berkata : maka aku pun mengingkari perkataan Artha'a tsb, kemudian aku mendatangi Auzaa'i , dan beliau adalah sosok yg ahli dalam menyingkap semisal PERKARA² ini apabila sampai kabarnya ke beliau,
�� beliau berkata : Artha'a benar dan perkataan yg benar ada pada pernyataannya tsb, ORANG tsb melarang dari MEMBICARAKAN KEJELEKAN AHLI BID'AH (MAKA DIA BERSAMA MEREKA), dan (kalau bgt keadaannya, terus) kapan mereka (AHLI BID'AH) ditahdzir jika MEMBICARAKAN (MEMPERINGATKAN MANUSIA DARI) MEREKA TIDAK DIPERJELAS.
[�� Taarikhu Dimasyqi 8/15]

�� �� ��
4⃣ dan berkata Syeikhul ISLAM Ibnu Taimiyah رحمة الله تعالى عليه terhadap orang² yg berloyalitas kepada Firqah Ittihadiyah, dan PERKATAAN beliau tsb adalah KAIDAH UMUM TERHADAP SEMUA (YG BERLOYALITAS/BERWALA') KEPADA AHLU BID'A :
���� dan wajib menghukum semua yg berloyalitas kepada mereka (ahli bid'a) atau MEMBELA MEREKA, atau MEMUJI MEREKA, atau MEMBESAR²KAN MEREKA (misal : fulan telah ditazkiyah oleh Syeikh fulan dan fulan) atau DIA DIKETAHUI TELAH MEMBANTU ATAU BERTA'@WUN BERSAMA MEREKA, atau dia TIDAK SUKA KALAU MEMBICARAKAN (KEJELEKAN) MEREKA, atau SENANTIASA dia BERBAIK SANGKA TRHDP MEREKA DGN MENGATAKAN : PERKATAAN TSB TIDAK DIKETAHUI BENAR APA TIDAK?? (((YAKNI MENGAMBANGKAN MASALAH TSB SPY MANUSIA TDK PEDULI DGN PERKATAAN TSB-pent-))), atau barangsiapa yg mengatakan : bahwasanya PERKATAAN dia (ahli bid'a tsb) juga terdapat dalam kitab (((ini dan itu yakni MENCARI PEMBENARAN BUKAN KEBENARAN -pent-))) dan lainnya yg semisal dgn alasan² tsb (diatas),
✋ YANG MANA HAL ITU SEMUA TIDAKLAH SESEORANG MENGATAKANNYA KECUALI (DIA ORANG) YANG JAHIL/BODOH, atau MUNAFIQ, BAHKAN WAJIB MENGHUKUM SETIAP ORANG YG DIKETAHUI KEADAANNYA SPT MEREKA TSB, DAN TIDAK BERTA'@WUN DALAM MENGUATKAN MEREKA,
���� KARENA SESUNGGUHNYA (KITA) KOKOH DALAM MENGHUKUM MEREKA MERUPAKAN SEAGUNG-AGUNGNYA KEWAJIBAN (((DALAM SYAREAT ISLAM))),
�� karena mereka itu adalah sekelompok manusia yang telah merusakkan AKAL SEHAT DAN AGAMA KEBANYAKAN HAMBA ALLAH تعالى dari kalangan MASYAIKH, ULAMA, PENGUASA DAN PEMERINTAH.
�� dan MEREKALAH YG SEBENARNYA MAKHLUK² (((yg disindir dalam beberapa tempat dalam Alqur'@n spt Al-Baqarah, Al-A'raf di 2 tempat, Muhammad dan masih banyak lagi yg lain-pent-)))
YG BERUSAHA MELAKUKAN KERUSAKAN DIPERMUKAAN BUMI DAN MENGHALANGI DARI JALAN ALLAH عز وجل YANG LURUS.  
[��Majmu'ul Fatawa 2/132]

�� �� ��
5⃣ Berkata Abu Daud As-Sijistaani رحمة الله تعالى عليه :
���� aku bertanya kepada Abu Abdillah Ahmad bin Hambal : aku telah MELIHAT seseorang dari kalangan AHLI BAIT bersama dgn SEORANG MUBTADI', apakah aku MENINGGALKAN PERKATAANYA (TIDAK BERBICARA DGNNYA DAN TIDAK MENUKIL DARINYA -pent-)
�� beliau menjawab : JANGAN,,
sampai kamu MENGABARKAN KEPADANYA BAHWASANYA SOSOK YG KAMU BERSAMA DENGANNYA ADALAH SHOHIBU BID'AH (ORANG YG TELAH MENYIMPANG DARI AL-HAQ),
���� jika dia MENINGGALKAN berbicara dgnnya (MUBTADI'/HIZBI TSB) MAKA ITULAH KEBAIKAN BAGINYA))
���� namun jika dia tidak mau maka KAMU SERUPAKAN DIA DENGAN ORANG TSB YG DIA BERJALAN/BERSAMA² DENGANNYA,
�� Abdullah bin Mas'ud رضي الله تعالى عنه berkata : SESEORANG (DIHUKUMI) DGN SIAPA DIA BERKAWAN.
[��Thabaqat Hanabilah 1/160].

�� �� ��
6⃣ Berkata Allamah Syeikh Hamud At-Tuwaijiri رحمة الله تعالى عليه  : dari riwayat tsb dan penerapannya terhadap Ahlu bida' seperti JAMA'AH TABHLIQ :
•••  dan riwayat ini dari Imam Ahmad SEHARUSNYA DITERAPKAN KEPADA ORANG² YG MEMUJI JAMA'AH TABHLIQ DAN MEMBELA MEREKA DGN KEBATILAN, MAKA BARANGSIAPA DARI MEREKA MENGETAHUI BAHWASANYA JAMA'AH TABHLIQ ADALAH DARI KALANGAN AHLI BID'AH, SESAT DAN BODOH,
�� namun BERSAMAAN dgn itu dia tetap MEMUJI DAN MEMBELA MEREKA MAKA SESUNGGUHNYA ORANG TSB DISERUPAKAN DGNNYA, DAN DIMUAMALAHI SEBAGAIMANA JAMA'AH TABHLIQ DIPERLAKUKAN,
���� BERUPA MEMBENCINYA, MENGHAJRNYA DAN MENJAUH DARINYA.
���� dan barangsiapa yg JAHIL TERHADAP KEADAAN MEREKA (((JAMA'AH TABHLIQ))), MAKA SEHARUSNYA UTK DIAJARI bahwasanya MEREKA ITU ADALAH DARI KALANGAN AHLI BID'AH, SESAT DAN BODOH.
�� jika dia tidak mau meninggalkan dalam memuji dan MEMBELA MEREKA setelah sampai ilmu padanya, maka SUNGGUH-SUNGGUH DIA DISERUPAKAN DGN MEREKA DAN DIMUAMALAHI SEPERTI BERMUAMALAH TERHADAP MEREKA (((JAMA'AH TABHLIQ)))
[��Al-Qaulul Baligh hal : 230].

�� ��
7⃣ Ditanyakan kepada Fadhilatu Syeikh Imam Abdul Aziz bin Baz رحمة الله تعالى عليه  ketika beliau mensyarah kitab  °°° FADHLUL ISLAM °°° berikut nash perkataan beliau :
➡ Pertanyaan : seseorang yg memuji Ahlu bida' dan menyanjungnya, apakah dia dihukumi sama seperti mereka (ahlu bida')???
�� beliau menjawab : •••NA'AM, TIDAK ADA KERAGUAN PADA ORANG TSB, BARANGSIAPA YG MEMUJI MEREKA DAN MENYANJUNGNYA MAKA ORANG TSB ADALAH DA'I KEPADA MEREKA, BERDAKWAH UTK (BERSAMA) MEREKA,
✊�� ORANG TSB ADALAH DIANTARA DA'I MEREKA..

KITA MEMINTA KEPADA ALLAH سبحانه وتعالى UNTUK MENYELAMATKAN KITA SEMUA.

������������
حكم من يثني على أهل البدع ويذب عنهم

������������
قال الفضيل بن عياض: من عظّم صاحب بدعة فقد أعان على هدم الإسلام، ومن تبسم في وجه مبتدع فقد استخف بما أنزل الله على محمد، ومن زوّج كريمته من مبتدع فقد قطـع رحمهـا، ومن تبع جنازة مبتدع لم يزل في سخط الله حتى يرجع. [شرح السنّة للبربهاري (ص: 139)]

�� �� ��
قال العلامة الشاطبي: " فإن توقير صاحب البدعة مظنّة لمفسدتين تعودان على الإسلام بالهدم:
إحداهما: التفات الجهال والعامة إلى ذلك التوقير، فيعتقدون في المبتدع أنّه أفضل الناس، وأن ما هو عليه خير مما عليه غيره، فيؤدي ذلك إلى اتباعه على بدعته دون اتباع أهل السنّة على سنّتهم.
والثانية: أنّه إذا وُقِّرَ من أجل بدعته صار ذلك كالحادي المحرض له على إنشاء الابتداع في كل شيء. وعلى كل حال فتحيا البدع وتموت السنن، وهو هدم الإسلام بعينه. [الاعتصام للشاطبي (1/114)]

�� �� ��
وعن عقبة بن علقمة قال: " كنت عند أرطاة بن المنذر فقال بعض أهل المجلس: ما تقولون في الرجل يجالس أهل السنّة ويخالطهم، فإذا ذكر أهل البدع قال: دعونا من ذكرهم لا تذكروهم، قال أرطأة: هو منهم لا يلبّس عليكم أمره، قال: فأنكرت ذلك من قول أرطاة قال: فقدمت على الأوزاعي، وكان كشّافاً لهذه الأشياء إذا بلغته، فقال: صدق أرطأة والقول ما قال؛ هذا يَنهى عن ذكرهم، ومتى يحذروا إذا لم يُشد بذكرهم " [تاريخ دمشق (8/15)]

�� �� ��
وقال شيخ الإسلام ابن تيميّة فيمن يوالي الاتحادية وهي قاعدة عامة في جميع أهل البدع:
" ويجب عقوبـة كل من انتسـب إليهم، أو ذب عنهم، أو أثنى عليهم أو عظم كتبهم، أو عرف بمساندتهم ومعاونتهـم، أو كره الكلام فيهم، أو أخذ يعتذر لهم بأن هذا الكلام لا يدرى ما هـو، أو من قال إنه صنف هذا الكتاب، وأمثال هذه المعاذير، التي لا يقولها إلا جاهل، أو منافق؛ بل تجب عقوبة كل من عرف حالهم، ولم يعاون على القيام عليهم، فإن القيام على هؤلاء من أعظم الواجبات؛ لأنهم أفسدوا العقول والأديان، على خلق من المشايخ والعلماء، والملوك والأمراء، وهم يسعون في الأرض فساداً، ويصدون عن سبيل الله. " [مجموع الفتاوى (2/132)]

�� �� ��
قال أبو داود السجستاني:
قلت لأبي عبد الله أحمد بن حنبل: أرى رجلاً من أهـل البيت مع رجل من أهل البدع، أترك كلامه؟
قال: لا، أو تُعْلِمه أن الذي رأيته معه صاحب بدعة، فإن ترك كلامه و إلا فألحقه به، قال ابن مسعود: المرء بخدنه". [طبقات الحنابلة (1/160)]

�� �� ��
قال العلامة الشيخ حمود التويجري –رحمه الله وغفر له- عن هذه الرواية وتطبيقها على أهل البدع كجماعة التبليغ: " وهذه الرواية عن الإمام أحمد ينبغي تطبيقها على الذين يمدحون التبليغيين ويجادلون عنهم بالباطل، فمن كان منهم عالماً بأن التبليغيين من أهل البدع والضلالات والجهالات، وهو مع هذا يمدحهم ويجادل عنهم؛ فإنّه يلحق بهم، ويعامل بما يعاملون به، من البغض والهجر والتجنُّب، ومن كان جاهلاً بهم، فإنه ينبغي إعلامه بأنهم من أهل البدع والضلالات والجهالات، فإن لم يترك مدحهم والمجادلة عنهم بعد العلم بهم، فإنه يُلحق بهم ويُعامل بما يُعاملون به." [القول البليغ ( ص230)]

�� ��
سئل سماحة الشيخ الإمام عبد العزيز بن باز في شرحه لكتاب: "فضل الإسلام"، ما نصّه:
س: الذي يثني على أهل البدع ويمدحهم، هل يأخذ حكمهم؟
فأجاب – عفا الله عنه -:
" نعم ما فيه شكٌّ، من أثنى عليهم ومدحهم هو داعٍ لهم، يدعو لهم، هذا من دعاتهم، نسأل الله العافيـة

������������
Selesai :
Jum'at 8 Shafar 1437/20-11-2015
Hombiz yg cerah - Markiz Darul Ilmi Kendari -
______________________________

�� faedah ini☝��ana terima dari Ustadz Abu 'Aisyah Asnur hafidzohulloh

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...