11 December 2015

DIANTARA ADAB PARA SALAF KETIKA MENASEHATI

?�� untukmu wahai saudaraku,��kuhadiahkan perkataan para pendahulu, semoga tertancap��kokoh dihatiku dan hatimu

��من أدب السلف في النصيحة:����

�� DIANTAR ADAB PARA SALAF KETIKA MENASEHATI ��

��قال إمام الجرح والتعديل في عصره
يحيى بن معين -رحمه الله تعالى-:
��"ما رأيتُ على رجلٍ خطأً إلا سترته ، وأحببتُ أن أزين أمره، وما استقبلتُ رجلاً في وجهه بأمر يكرهه، ولكن أبين له خطأه فيما بيني وبينه، فإن قبل ذلك وإلاَّ تركته".
��انظر سير أعلام النبلاء: (11/83).
�� berkata Imam jarah wa ta'dil di zamannya Yahya bin Ma'in رحمه الله تعالى : tidaklah aku mengetahui seseorang memiliki kekeliruan kecuali menutupinya (aibnya tsb) dan aku menyukai utk memperindah (mempermudah) urusannya, dan aku tidak melakukan secara frontal didepan wajahnya utk (menyebutkan) perkaranya yg dia tidak menyukai (utk diketahui org banyak), akan tetapi aku menjelaskan kesalahannya antara aku dan dia saja, jika dia menerimanya (maka itu kebaikan baginya sendiri) dan jika sebaliknya maka Aku Meninggalkannya.
�� Siyar A'lam An Nubalaa 11/83

��������������
��قال المزني سمعت الشافعي يقول:
��من وعظ أخاه سرًا فقد نصحه وزانه، ومن وعظه علانيةً فقد فضحه وشانه.
��حلية الأولياء (ج9 ص 140)
�� Berkata Almuzani aku mendengar Syafi'i رحمهما الله تعالى berkata : barangsiapa yg menasehati saudaranya secara sirri (sembunyi) maka sungguh dia telah menasehatinya (sesuai pada tempatnya) dan menghiasinya (menjaga muru'ah), dan barangsiapa yg menasehati saudaranya secara terang-terangan maka sungguh dia telah membongkar (aibnya) dan  merusak (muru'ahnya).
��Hilyatul Auliya 9/140

��������������
��وقيل لمسعر:
"أتحب من يخبرك بعيوبك؟
فقال: إن نصحني فيما بيني وبينه فنعم، وإن قرعني بين الملأ فلا "
✴ وهذا حق؛ فإن النصح في السر حب وشفقة، والنصح في العلن انتقاص وفضيحة.
��وهذا هو قول الشافعي رحمه الله: "من وعظ أخاه سرّاً فقد نصحه وزانه، ومن وعظه علانية فقد فضحه وشانه". ��(الإحياء 2 / 182)
�� dikatakan kepada Mus'ir رحمه الله تعالى :
"" apakah engkau mencintai seseorang yang dia mengabarkan kepadamu tentang aibmu??
Beliau menjawab : jika dia menasehatiku antara aku dan dia saja maka iya (aku mencintainya), dan jika dia mengundi aku (menyebarkannya) kepada orang banyak maka TIDAK.
✨ dan inilah KEBENARAN, karena NASEHAT dgn sirri (sembunyi) adalah sungguh (Menimbulkan) rasa cinta dan simpatik , dan NASEHAT dgn terang-terangan adalah sungguh (perbuatan) perendahan dan pencemaran ( harga diri)
�� dan ini perkataan Imam Syafi'i رحمه الله تعالى : barangsiapa yg menasehati saudaranya secara sirri (sembunyi) maka sungguh dia telah menasehatinya (sesuai pada tempatnya) dan menghiasinya (menjaga muru'ah), dan barangsiapa yg menasehati saudaranya secara terang-terangan maka sungguh dia telah membongkar (aibnya) dan  merusak (muru'ahnya).
�� Al-ihyaa 2/182.

��������������
��قال الإمام الشافعي رحمه الله:

تَعَمَّدني بِنُصْحِكَ في انْفِرَادِي ** وجنِّبني النصيحةَ في الجماعهْ

فَإِنَّ النُّصْحَ بَيْنَ النَّاسِ نَوْعٌ ** من التوبيخِ لا أرضى استماعه
وَإنْ خَالَفْتنِي وَعَصَيْتَ قَوْلِي ** فَلاَ تَجْزَعْ إذَا لَمْ تُعْطَ طَاعَه
��ديوان الإمام الشافعي
�� Berkata Imam Syafi'i رحمه الله تعالى :
**Lakukanlah dalam memberikan NASEHAT kepadaku dengan menyendiri & jauhkanlah ketika memberikan NASEHAT utk aku dihadapan org banyak
** karena sesungguhnya NASEHAT dihadapan org banyak merupakan bagian perendahan yg aku tidak ridha utk mendengarkannya
**: dan jika kamu menyelisihi aku dan menentang perkataanku (ini) maka jangan kamu berputus asa  jika kamu tidak diberikan bagiannya.
�� Diwan Imam Syafi' i رحمه الله تعالى

��������������
��قال رجل لعلي بن أبي طالب رضي الله عنه أمام الناس:
يا أمير المؤمنين: إنك أخطأت في كذا وكذا، وأنصحك بكذا وبكذا،
فقال له علي رضي الله عنه: "إذا نصحتني فانصحني بيني وبينك، فإني لا آمن عليكم ولا على نفسي حين تنصحني علناً بين الناس".
�� Berkata seseorang kepada Ali bin Abi Thalib رضي السنة تعالى عنه dihadapan manusia : wahai amirul mukminin sesungguhnya engkau salah dalam masalah ini dan ini, dan aku menasehatkan engkau begini dan begitu, maka Ali bin Abi Thalib رضي الله تعالى عنه  berkata kepadanya : **JIKA KAMU INGIN MENASEHATI AKU, MAKA NASEHATILAH AKU (CUKUP) ANTARA SAYA DAN KAMU (SAJA), KARENA SAYA GAK MERASA AMAN ATAS DIRIMU DAN TIDAK PULA DIRIKU (KETIDAK IKHLASAN) KETIKA KAMU MENASEHATI AKU DENGAN terang-terangan DIHADAPAN MANUSIA.

��������������
��قال الحافظ ابن رجب رحمه الله:
��(وكان السلف إذا أرادوا نصيحة أحد، وعظوه سراً)
��حتى قال بعضهم: (من وعظ أخاه فيما بينه وبينه، فهي نصيحة، ومن وعظه على رؤوس الناس فإنما وبخه) .
�� Berkata Alhafidz Ibnu Rajab رحمه الله تعالى :
**keberadaan para salaf jika mereka menginginkan utk menasehati seseorang, maka mereka menasehatinya dengan sembunyi**
�� sampai salah seorang mereka (salaf) berkata :**barangsiapa yg (ingin)  menasehati saudaranya antara dia dan saudaranya (saja tnp ada org lain), maka yg demikian itulah di NAMAKAN NASEHAT, dan barangsiapa yg menasehati saudaranya dihadapan manusia maka hanyalah perbuatan dia tsb adalah (ingin) merendahkan diri saudaranya

��������������
��(المؤمن يستر وينصح، والفاجر يهتك ويعير)
��(جامع العلوم: (ص:77).

��ويعقب الحافظ ابن رجب على كلمة الفضيل هذه بقوله: (فهذا الذي ذكره الفضيل من علامات النصح، وهو أن النصح يقترن به الستر، والتعيير يقترن به الإعلان)
��الفرق بين النصيحة والتعيير (ص36)
�� Berkata Fudhail bin Iyadh رحمه الله تعالى:
** seorang MUKMIN adalah menutupi (@ib $@udaranya) dan menasehatinya, dan orang fajir adalah membongkar aib dan mencela (harga diri saudaranya)
�� Jaami'ul Uluum :77
�� dan Imam Alhafidz Ibnu Rajab رحمه الله تعالى memberikan ta'liq (komentar) atas kalimat beliau ini, dgn mengatakan : MAKA APA YG DIKATAKAN FUDHAIL INI MERUPAKAN CIRI-CIRI MENASEHATI (YG SESUNGGUHNYA) DAN DIA (MENASEHATI YG SESUNGGUHNYA) ADALAH NASEHAT YG DIGANDENGKAN DGN MENUTUPI CELAH (AIB) DAN (ADAPUN) MENCELA adalah BERGANDENG DENGANNYA  MEMBUKA AIB
�� perbedaan antara NASEHAT dan MENCELA : 36

��������������
��ويقول الإمام أبو محمد ابن حزم الظاهري رحمه الله:
��(وإذا نصحت فانصح سراً لا جهراً، وبتعريض لاتصريح، إلا أن لا يفهم المنصوح تعريضك، فلابد من التصريح).
��الأخلاق والسير: (ص44)
�� Berkata Imam Abu Muhammad bin Hazm Adz-zhahiri رحمه الله تعالى : jika kamu ingin menasehati maka NASEHATILAH dengan sembunyi bukan dengan terang-terangan, dan hendaknya dengan perbandingan  (pendekatan pemahaman) bukan dgn FRONTAL (ceplas ceplos), kecuali jika dia tidak paham dgn sindiranmu itu maka pada saat itu harus di perjelas.
✨Akhlak wassiyar :44

��������������
��ويقول الإمام ابن حزم الظاهري رحمه الله تعالى:
��(ولا تنصح على شرط القبول منك، فإن تعديت هذه الوجوه، فأنت ظالم لا ناصح، وطالب طاعة وملك، لا مؤدي حق أمانة وأخوة، وليس هذا حكم العقل، ولا حكم الصداقة، لكن حكم الأمير مع رعيته، والسيد مع عبده).
��الأخلاق والسير: (ص44)

��ويقول أيضاً: (فإن خشنت كلامك في النصيحة فذلك إغراء وتنفير، ك
��وقد قال الله تعالى: { فَقُولا لَهُ قَوْلاً لَيِّناً } (طه: من الآية44).
��وقال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : "يسروا ولا تعسروا وبشروا ولا تنفروا" متفق عليه.
�� Berkata Imam Ibnu Hazm رحمه الله تعالى : ** dan janganlah kamu memberikan nasehat dgn syarat diterimanya (nasehatmu itu), maka jika kamu melampau batas ini (yakni mau memberikan NASEHAT dgn syarat diterimannya/diamalkan nasehat tsb), MAKA KAMU SEORANG YG DHALIM BUKAN SOSOK  PENASEHAT (YG SEJATI), DAN MENGINGINKAN (MANUSIA) TAAT (KEPADANYA) DAN (INGIN) KEKUASAAN, BUKAN SOSOK YG MENUNAIKAN HAK AMANAH DAN UKHUWAH, DAN TIDAK PULA DIA SOSOK YG BERAKAL, DAN TIDAK PULA ORANG YG JUJUR (IKHLAS DLM MENASEHATI), AKAN TETAPI ORANG TSB  (SEPERTI) PEMIMPIN  YG MEMBERI KEPUTUSAN PADA RAKYATNYA, TUAN KEPADA BUDAKNYA.
��Akhlak wassiyar :44

��������������
��ويقول أيضاً: (فإن خشنت كلامك في النصيحة فذلك إغراء وتنفير، ك
��وقد قال الله تعالى: { فَقُولا لَهُ قَوْلاً لَيِّناً } (طه: من الآية44).
��وقال رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : "يسروا ولا تعسروا وبشروا ولا تنفروا" متفق عليه.
�� dan Berkata pula : jika kamu berkata kasar ketika menasehati, maka yg demikan itu sifat yg kaku dan melarikan (manusia dari KEBENARAN)

�� dan Allah تعالى berfirman
فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ
maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut".

�� Dan Rasulullah صلى الله تعالى عليه وسلم bersabda : "" berilah kemudahan dan janganlah mempersulit, berilah kabar gembira dan janganlah kalian membuat manusia lari. (Muttafaqun Alaihi)
��������������
��������������

�� faedah ini ana ambil dari Abu 'Aly Ammar hafidzohulloh yg dia posting di majmuah ini juga 01.07.2015 fajazahulloh khoyro.

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...