03 March 2016

Telah terjadi gempa yg berpotensi tsunami di sepanjang pantai barat sumatra (lampung, bengkulu, sumbar, sumut dn aceh) apkh ada khabar dari ikhwah yg mukim di markiz bengkulu kpd antum ya ustadz?

[0:25 03/03/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: [2/3 22.13] أبوجندي الجاوي الإندونيسي:
Telah terjadi gempa yg berpotensi tsunami di sepanjang pantai barat sumatra (lampung, bengkulu, sumbar, sumut dn aceh) apkh ada khabar dari ikhwah yg mukim di markiz bengkulu kpd antum ya ustadz?

❓TANYA
[2/3 22.18] أبوجندي الجاوي الإندونيسي:
Apakah ada doa yg disunnahkan utk di baca bila sdg terjadi gempa bumi/ bencana alam di tempat lain yg kita tdk mukim disana ya ustadz..?

[2/3 22.19] Ust Irham Demak:
Ana belum dpt kabar tentang gempa tsb kecuali dari antum...
الله المستعان..

❗JAWAB
[2/3 22.22] Ust Irham Demak:
Adapun yang disunnahkan adalah memperbanyak taubat dan doa kepada alloh thdp segala dosa karena itulah penyebab datangnya musibah dan bencana kepada manusia, masing2 org berdoa untuk kebaikan dan keselamatan dirinya.

Tidak ada doa yang khusus atau ritual khusus dalam permasalahan tersebut.
والله اعلم..

[2/3 22.52] أبوجندي الجاوي الإندونيسي:
جزا ك الله خيرا أستاذ
[0:37 03/03/2016] ‪+62 882-6169-5337‬: رب اغفرلي خطيئتي، وجهلي، وإسرافي في أمري كله، وما أنت أعلم به مني،

اللهم اغفرلي خطاياي، وعمدي وجهلي، (وجدي)، وهزلي، وكل ذلك عندي،

اللهم اغفرلي ما قدمت، وما أخرت، وأسررت، وما أعلنت، أنت المقدم، وأنت المؤخر، وأنت على كل شيء قدير.

"Robbku ampunilah kesalahan²ku, kebodohanku, dan sesuatu yg berlebihan dariku dlm setiap perkara, dan sesuatu yg Engkau lebih tau dariku,

Ya Alloh ampunilah kesalahan²ku, kesengajaanku, kebodohanku, kekuranganku, dan setiap yg ada pdku,

Ya Alloh ampunilah yg telah berlalu dariku, dan apa yg akan dtg, apa yg aku sembunyikan dan aku tampakkan, dan Engkau adalah yg maha mendahulukan dan mengakhirkan, dan Engkau adalah yg maha kuasa atas segala sesuatu".

[HR. Bukhori dan Muslim no.2719 dan Muslim no.6398 dari Abi Musa Al Asy'ari rodhiyallohu 'anhu -kitab terjemahan Hisnul Mu'min Syaikh 'Abdulloh Al Iryani hafidzohulloh Hal.194-195]

رب اغفرلي، وتب علي، إنك أنت التواب الرحيم

"Robbku ampunilah aku, dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau maha penerima taubat lagi maha penyayang".

[HR. Abu Dawud no.1516 dari 'Abdulloh bin 'Umar rodhiyallohu 'anhuma. Lihat shohih al musnad (743): shohih. Dan shohih Abu Dawud (1342) - kitab terjemah Hisnul Mu'min Syaikh 'Abdulloh Al Iryani hafidzohulloh Hal.206]

SAYYIDUL ISTIGHFAR

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

"Ya Alloh, Engkau adalah Robbku, tiada  yg berhak di ibadahi kecuali Engkau, Engkaulah yg telah menciptakan aku, aku adalah hambaMu, aku senantiasa dlm ikrarku kpdMu (untuk mengesakanMu) dan janjiMu (kepadaku untuk membalas dengan surga karena tauhidku) sebatas kemampuanku. Aku berlindung kpdMu dari kejelekan perbuatanku. Aku mengakui segala nikmat yg telah Engkau berikan kpdku dan aku mengakui banyaknya dosa²ku, maka ampunilah aku. Karena tiada yg bisa mengampuni dosa melainkan hanya Engkau."

Keutamaan doa ini:
Dari Syaddad bin Aus rodhiallohu 'anhu bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Sayyidul Istighfar adalah bacaan: ....beliau menyebutkan doa di atas. Kemudian beliau menyebutkan keutamaannya:

مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِناً بِهَا فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِيَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الجَنَّةِ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الجَنَّة

ِ"Barangsiapa yg membaca do'a ini dgn penuh keyakinan di sore hari, kemudian dia mati pd malam harinya maka dia termasuk ahli surga. Dan barangsiapa yg membacanya dgn penuh keyakinan di pagi hari, kemudian dia mati pd siang harinya maka dia termasuk ahli surga." (HR. Bukhori no.5522)

Keterangan -dari sebatas yg ana fahami selama ini, Wallohu a'lam- :
Dinamakan sayyidul istighfar, karena bacaan istighfar di atas adalah lafadz istighfar yg paling mulia dibandingkan lafadz istighfar lainnya. Dlm lafadz istighfar ini, terdapat 8 aspek yg menjadikan istighfar ini memiliki keutamaan yg besar:
1⃣ Dimulai dgn pujian kpd Alloh
2⃣ Adanya pengakuan bahwa dirinya adalah hamba Alloh, makhluk Alloh yg berusaha menghambakan dirinya hanya kpd Alloh
3⃣ Mengimani adanya janji Alloh, sehingga sang hamba slalu berupaya berpijak pd ikrarnya untuk mendapatkan janji Robbnya
4⃣ Adanya pengakuan akan kekurangan dirinya, dgn sekalligus memohon perlindungan kpd Robbnya dari keburukan dirinya
5⃣ Adanya pengakuan terhadap banyaknya nikmat yg telah Alloh berikan kpd dirinya, yg ini wujud mewakilli rasa syukur
6⃣ Adanya pengakuan terhadap banyaknya dosa dan kelancangannya, yg ini merupakan bentuk taubatnya
7⃣ Dan diakhiri dgn permohonan ampunan yg setulusnya kpd Alloh
8⃣ Adanya keyakinan, tdk ada Dzat yg mampu menganpuni dosa-dosa hamba kecuali Alloh, Sang Maha Pengasih lagi Penyayang

Comments
0 Comments

0 comments

Post a Comment

Dengan berkomentar maka Anda telah membantu Saya mengingat kembali postingan yang saya publikasikan. Terima Kasih...