[7:25 08/11/2015] Abu Jundi: ❗قال الذهبي - رحمه الله - :
علامة المخلص الذي قد لا يحب شهرة ، ولا يشعر بها ، أنه
إذا عوتب في خطأ،
لا يبرئ نفسه ،
بل يعترف ،
ويقول :
رحم الله من أهدى إلي عيوبي ،
ولا يكن معجبا بنفسه ؛ يشعر بعيوبها ،
«سير أعلام النبلاء» (7/394).
Berkata Azd Dzahaby rahimahullah
✏Ciri-ciri orang yang ikhlash yang tidak senang dengan ketenaran dan ia tidak menyadari (ketenaran) itu, adalah:
apabila ia ditegur dalam kesalahan ia tidaklah membela dirinya namun ia mengakui hal itu dan berkata:
" semoga Allah merahmati setiap yang menunjukkan/menghadiahkan kekurangan-kekurangan ku."
ia tidaklah malah membanggakan dirinya sedang ia tau kekurangannya.
Siyar A'lam An Nubala 7/394
_________________________
faedah ini ana terima dari ustadz Abu 'Ubayd Fadhli Mangkutana hafidzohulloh wa jazahulloh khoyro.
[21:43 08/11/2015] Abu Jundi: PERKATAAN YG SANGAT INDAH
berkata Imam Hasan Albashri رحمة الله تعالى عليه *** wahai bani Adam : siang hari anda (adalah ibarat) tamu bagi anda, sehingga berbuat baiklah terhadapnya...
karena sesungguhnya jika anda berbuat baik kepadanya maka dia akan beranjak dengan (penuh) pujian terhadap diri anda...
✊ dan jika anda berbuat JELEK kepadanya (yakni bermaksiat disiang hari), maka dia akan berpaling dengan (penuh) celaan terhadap diri anda, dan demikian pulabWAKTU MALAM ANDA (SEPERTI PERLAKUAN ANDA PADA SIANG HARI)"".
Adabu Diin wa dunia
dan berkata رحمة الله تعالى عليه :
*** kewibawaan seseorang (terletak pada BEBERAPA point² berikut) :
1⃣ Kejujuran Lisannya,
2⃣ Kesiapan dirinya dalam menanggung beban saudara²nya
3⃣ Mencurahkan segala kemampuannya utk memberikan KEBAIKAN kepada MANUSIA di zaman dia
4⃣ Mencegah KEJELEKAN tetangganya
Aadaabu Hasan Albashri
الــــنـــفـــائــــس
قال الحسن البصري رحمه الله :
" يا ابن آدم : نهارُك ضيفُك ، فأحسن إليه ..
فإنك إن أحسنت إليه ارتحل بحمدك ..
وإن أسأت إليه، ارتحل بذَمّك، وكذلك ليلتك " .
أدب الدين والدنيا
وقال رحمه الله :
" مروءة الرجل : صدقُ لسانه ، واحتماله مُؤنَةَ إخوانه ، وبذله المعروف لأهل زمانه ، وكفِّه الأذى عن جيرانه " .
آداب الحسن البصري
faedah ini ana ambil dari ustad, Asnur Abu 'Aaisyah hafidzohulloh wa jazahulloh khoyro.
[22:26 08/11/2015] Abu Jundi: hukum menutup mata ketika shalat.
berkata Allamah Ibnu Qoyyim رحمة الله تعالى عليه :
yang benar utk dikatakan (dalam permasalahan ini adalah)
1⃣ apabila dgn membuka mata tidak mengurangi keKHUSYUAN maka hal itulah yg AFDHAL
2⃣ dan apabila ada sesuatu yg menghalangi dirinya dan sifat KHUSYU tsb dgn apa yg ada di arah kiblat berupa HIASAN atau DEKORASI ATAU SEMISALNYA dari hal² yg bisa mengganggu jiwanya ketika shalat maka pada saat tsb SUATU KEPASTIAN TIDAK DIMAKRUHKAN UTK MENUTUP MATA, BAHKAN PENDAPAT YG MENYATAKAN DISUNNAHKAN AMALAN TSB PADA KEADAAN ITU ADALAH LEBIH DEKAT KEPADA USHUL (POKOK) SYAREAT DAN TUJUAN² SYAREAT DIBANDINGKAN DGN PENDAPAT YG MEMAKRUHKAN HAL ITU.
Zadul Ma'ad oleh Imam Ibnu Qoyyim رحمه الله تعالى
1/283
حكم تغميض العينين في الصلاة
قال ابن القيم رحمه الله :
الصواب أن يقال
1⃣- إن كان تفتيح العين لا يخل بالخشوع فهو أفضل
2⃣ وإن كان يحول بينه وبين الخشوع لما في
قبلته من الزخرفة والتزويق أو غيره مما يشوش عليه قلبه فهنالك لا يكره التغميض قطعا والقول باستحبابه في هذا الحال أقرب إلى أصول الشرع ومقاصده من القول بالكراهة.
زاد المعاد لابن القيم (1-283).
faedah ini ana ambil dari ustadz Asbur Abu 'Aaisyah hafidzhohulloh
❓SOAL:
Abu Abdirrohman Hidayat Apt:
Jd boleh kita merem saat sholat ustadz?
❗JAWAB:
Ust Abu Aisyah Asnur:
Bismillah
Naam dgn perincian yg telah dijelaskan oleh Imam Ibnu Qoyyim رحمة الله عليه...
Dan pada asalnya amalan tsb bukan terlarang dlm islam, inilah yg sampai ilmu pada kami dari dulu...
[22:28 08/11/2015] Abu Jundi: faedah ini ana ambil dari ust asnur abu 'aaisyah hafidzohulloh